SKRIPSI

Penulis / NIM
DESTRI HUDA / 451418008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri I Bone, kabupaten Bone Bolango, provinsi Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi dinamika hidrosfer dan dampaknya bagi kehidupan kelas X-ips 2. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada guru geografi dan siswa kelas X-ips 2, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas kegiatan guru, lembar observasi untuk aktivitas siswa, kisi-kisi soal, lembar kegiatan peserta didik. Data yang dikumpulkan berupa hasil penelitian mengenai hasil pengamatan guru, hasil pengamatan pengamatan siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari kegiatan pembelajaran di sekolah terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II dengan masing-masing dua pertemuan setiap siklus. Hasil penelitian siklus I kategori pengamatan aktivitas guru mendapatkan nilai rata-rata 80%, hasil pengamatan aktivitas siswa kriteria sangat baik dan baik yaitu 34%, hasil belajar siswa mendapatkan nilai 37% atau 10 siswa yang tuntas dan 17 orang siswa tidak tunas. Hasil penelitian siklus II kategori pengamatan guru mendapatkan nilai rata-rata 80%, hasil pengamatan aktivitas siswa kriteria sangat baik dan baik mendapatkan nilai 78%, dan hasil belajar siswa mendapatkan nilai 85% atau 23 orang siswa yang tuntas. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas X-Ips 2 di SMA Negeri I Bone. Kata Kunci: Model pembelajaran TAI, Hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011