SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD FACHRI BOKINGO / 451418013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Pembimbing 2 / NIDN
RUSIYAH, S.Pd, M.Sc / 0021068108
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Fachri Bokingo, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika litosfer. Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nurfaika, S.Si, M.Sc., dan pembimbing II Rusiyah, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Augmented Reality berbasis android pada pembelajaran geografi materi dinamika litosfer. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Ada 3 metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu observasi untuk mendapatkan data yang dipakai pada analisis kebutuhan, metode black box testing digunakan untuk mengetes fungsi aplikasi media Augmented Reality apakah dapat berjalan dengan baik, dan terakhir metode angket untuk memperoleh nilai validasi dan melihat kelayakan dari media Augmented Reality yang dibuat. Validasi dilakukan oleh ahli, materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Setelah melalui validasi dari para ahli, kemudian media diujicobakan pada peserta didik Kelas XA di SMA Negeri 1 Paguyaman dengan jumlah peserta didik sebanyak 22 peserta didik. Hasil uji coba awal menggunakan metode black box testing menunjukan bahwa aplikasi media Augmented Reality berjalan dengan baik. Hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai presentase 82% yang berada di dalam kategori valid. Nilai validasi ahli media mendapatkan nilai presentase 84% yang berada di dalam kategori valid. Validasi ahli pembelajaran mendapatkan nilai presentase 93% yang berada di dalam kategori sangat valid dan hasil angket respon siswa mendapatkan nilai presentase 94,41% yang berada di dalam kategori sangat layak. Kata Kunci : Augmented Reality, Media Pembelajaran, ADDIE.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011