Penulis / NIM
EKI SALIKO / 451418014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Pembimbing 2 / NIDN
RUSIYAH, S.Pd, M.Sc / 0021068108
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik dinamika litosfer dengan Model Pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing di SMA Negeri 1 Botumoito. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-3 dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar siswa pada siklus 1 dari 21 siswa memperoleh nilai rata-rata 70 kemudian ketuntasan klasikal pada siklus 1 ada 6 siswa dari 21 orang yang tuntas dengan perolehan prensentase 29% dan 15 siswa tidak tuntas pada siklus 1dengaan perolehan presentase 71%. Kemudian Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 21 siswa memperoleh nilai rata-rata 81. kemudian pencapaian ketuntasan klasikal yaitu 19 siswa yang tuntas dengan perolehan presentase mencapai 90% dan 2 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan dengan presentase 10%. berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IPS-3 di SMA Negeri 1Botumoito.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Active Knowledge Sharing
Download berkas