Penulis / NIM
FERAWATI POU / 451418047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Ferawati Po���u, 2022. ��Ã..."Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbentuk Majalah Digital Dengan Materi Dinamika Hidrosfer Untuk Siswa Kelas X SMAÃ��ÂÂ. Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Fitryane Lihawa M.Si dan Pembimbing 2 Daud Yusuf. S.Kom, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis majalah digital pada materi dinamika hidrosfer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIEsebagai pendekatan untuk menyusun media pembelajaran. Dalam penelitian ini terdapat 5 (lima) tahapan yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Penilaian yang diberikan pada tiap-tiap pernyataan, dari validasi ahli media menyatakan valid dengan hasil rating 78,18%, ahli materi/isi menyatakan sangat valid dengan hasil rating 90%, dan dari ahli pembelajaran menyatakan sangat valid dengan hasil rating 86%. Penelitian uji coba skala terbatas yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Bukal mendapatkan respon yang baik terhadap media pembelajaran dengan mendapatkan hasil 79,77%
Hasil penelitian uji coba skala general yang dilakukan di SMA Negeri 1 Momunu mendapatkan respon yang sangat baik, respon siswa dari hasil uji coba skala general pada kelas X IPS�¹ mendapatkan nilai sebesar 82,33% masuk dalam kategori valid dan kelas X IPS�² dengan nilai rata-rata 94,02% masuk dalam kategori sangat valid. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis majalah digital layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci :Canva, Majalah, Hidrosfer, ADDIE.
Download berkas