Penulis / NIM
MONALISA BAKARI / 451418060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Eng. SRI MARYATI / 0026038203
Pembimbing 2 / NIDN
RUSIYAH, S.Pd, M.Sc / 0021068108
Abstrak
Monalisa Bakari. 2022. ��Ã..."Pengembangan Media pembelajaran berbasis Focusky pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia di SMA Negeri 1 Tilango, Kecamatan Tilango, Kabupaten GorontaloÃ��ÂÂ. Skripsi S1, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si, Pembimbing 2: Rusiyah, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media focusky terhadap materi keragaman budaya Indonesia di kelas XI IPS. Model pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan media dari ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran serta respon siswa terhadap media pembelajaran serta saran untuk revisi. Hasil dari validasi ahli materi mendapatkan nilai 61,6% pada awal revisi, kemudian direvisi Kembali mendapatkan nilai presentase sebesar 71% dengan tingkat kevalidan masuk dalam kualifikasi valid, hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 90,99% dengan tingkat kevalidan masuk dalam kualifikasi sangat valid, dan hasil validasi oleh ahli pembelajaran mendapatkan nilai 97% dengan tingkat kevalidan masuk dalam kualifikasi sangat valid. Adapun untuk respon siswa dari hasil uji coba skala terbatas mendapatkan nilai 81,57% nilai ini masuk dalam kategori sangat valid, kemudian respon siswa dari uji coba skala general mendapatkan nilai 88,9%, nilai ini masuk dalam kategori sangat valid dengan demikian media pembelajaran focusky pada materi keragaman budaya Indonesia dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan mendapat respon yang sangat baik oleh siswa.
Kata kunci: Focusky, Keragaman Budaya Indonesia
Download berkas