SKRIPSI

Penulis / NIM
RACHMAT RAMADHAN NUR SYAMSURI / 471416011
Program Studi
S1 - TEKNIK GEOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
Gorontalo Outer Ring Road merupakan jalan nasional yang menghubungkan tiga wilayah yang terdiri dari Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian tiga wilayah tersebut dan menyambungkan kawasan bandara dengan kawasan pelabuhan dan mengurangi through traffic di dalam kota. Kondisi geologi daerah Gorontalo awalnya merupakan kaldera gunung api purba yang aktif dan erhentinya aktivitasnya sehingga terbentuknya sesar aktif Gorontalo yang disertai dengan deformasi batuan dan sesar-sesar lokal mengakibatkan longsoran masif pada salah satu titik ruas jalan GORR Segment 1 pada STA 13+800. Penelitian ini bermaksud untuk memahami dan menerapkan ilmu geologi dalam kebutuhan perencanaan yang bertujuan menentukan tingkat kestabilan lereng dan karakteristik potensi gerakan tanah. Metode yang digunakan terdiri dari pengamatan lapangan yang meliputi litologi dan struktur geologi, Scanline Mapping, pembobotan kelas massa batuan, analisa stereografi dan perhitungan nilai Slope Mass Rating. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan aspek geomorfologi terdiri dari satuan lembah fluvial, satuan dataran aluvial, satuan perbukitan solusional satuan perbukitan denudasional, satuan perbukitan vulkanik. Dalam aspek litologi disusun oleh satuan endapan aluvial, satuan batugamping terumbu, satuan tuff, satuan batugamping klastik dan satuan andesit. Struktur geologi yang bekerja pada lokasi ini berupa kekar-kekar dan sesar-sesar yang terdapat pada beberapa titik di sepanjang ruas GORR segment 1. Tingkat massa batuan penyusun lereng berdasarkan RMR menunjukan kondisi batuan sedang (fair rock). Karakteristik potensi gerakan tanah berupa dikontrol oleh adanya kekar atau baji kecil pada STA 2+400, 5+825, 8+350 lereng sebagian stabil. Bidang Atau baji besar pada STA 6+450 dan 13+800 lereng tidak stabil. Bidang atau seperti keruntuhan Material lepas STA 4+350 lereng sangat tidak stabil.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011