SKRIPSI

Penulis / NIM
SAMSUL BAHRI / 511308026
Program Studi
D3 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. INDRIATI MARTHA PATUTI, S.T., M.Eng. / 0013036904
Abstrak
Salah satu dampak pergerakan transportasi pada ruas jalan adalah timbulnya kemacetan yang dapat menyebabkan menurunya tingkat pelayanan ruas jalan dan kenyamanan pengguna jalan. Faktor utama yang sangat mempengaruhi kemacetan adalah tingginya jumlah pengguna jalan yang melalui ruas jalan tersebut, sehingga menyebabkan ruang gerak kendaraan semakin sempit. Perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan dan kapasitas lalu lintas. Lokasi penelitian dilakukan pada ruas jalan Arif Rahman Hakim sepanjang 500 m dari simpang tiga Jalan Kalimantan sampai dengan simpang tiga Jalan Dewi Sartika. Data yang diambil ada dua macam, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari data geometrik jalan, volume lalu lintas dan data kecepatan yang diambil langsung dari lokasi penelitian. Pengambilan data dilakukan selama empat hari yaitu hari Jumat sampai hari Senin selama dua belas jam (06.00-18.00 WITA). Untuk data sekunder berupa peta lokasi dan data jumlah penduduk. Penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas yang diperoleh pada jam puncak yaitu pada hari Senin tanggal 6 Mei 2013 terjadi pada pukul 11.00-12.00 WITA sebesar 2911 Kend/jam atau 1240 smp/jam . Kecepatan arus bebas kendaraan ringan yaitu 36 km/jam dengan waktu tempuh 51 detik. Nilai kapasitas ruas jalan tersebut sebesar 1964 smp/jam. Derajat kejenuhan yang diperoleh sebesar 0,631. Tingkat pelayanan yang ada di ruas Jalan Arif Rahman Hakim Kota Gorontalo berada pada level C dengan rentang nilai derajat kejenuhan antara 0,45–0,75. Hal ini menunjukkan ruas jalan tersebut masih stabil. Perkembangan lalu lintas perlu dianalisa terus menerus secara berlanjut, sehingga dapat diketahui pengaruh perkembangan jumlah kendaraan terhadap lalu lintas. Kata Kunci: tingkat pelayanan lalu lintas, kapasitas ruas jalan, volume lalu lintas.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011