Penulis / NIM
NASRAN LEPI / 511310003
Program Studi
D3 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
FADLY ACHMAD, S.T., M.Eng / 0021117702
Pembimbing 2 / NIDN
FRICE LAHMUDIN DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Abstrak
ABSTRAK
Pavement Condition Index (PCI) merupakan salah satu metode survei dan penilaian kondisi perkerasan yang bersifat survei kondisi untuk menentukan kondisi perkerasan pada waktu tertentu. Ruas jalan nasional Gorontalo - Taludaa adalah salah satu ruas jalan yang menghubungkan 2 kabupaten dan 2 provinsi yang berbeda sehingga perlu dilakukan perbaikan perkerasan pada ruas jalan tersebut karena kondisi perkerasan sudah banyak terdapat kerusakan terutama pada (km 35 - km 45). Berdasarkan hal tersebut, sehingga tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi nilai kondisi perkerasan terhadap ruas jalan nasional Gorontalo -Taludaa (km 35 - km 45) dengan cara melakukan penilaian kondisi perkerasan menggunakan metode PCI.
Survei ini diawali dengan membagi unit sampel penelitian dengan ukuran 100 x 4,5 m, kemudian menentukan dan mencatat setiap jenis kerusakan untuk setiap tingkat keparahannya. Jumlah keseluruhannya unit sampel yang diteliti sebanyak 100 unit sampel.
Hasil yang diperoleh adalah retak kulit buaya (alligator cracking) (219.69 m2), retak blok (block cracking) (113 m2), benjol dan turun (bump and sags) (58.05 m), ambles (depression) (17.5 m2), retak pinggir (edgecracking) (183.15 m), jalur/bahu turun (lane/shoulder drop-off) (2490.92 m), retak memanjang dan melintang (longitudinal and tranverse cracking) (212.47 m), tambalan (patching) (25.46 m2), agregat licin (polished aggregate) (36.7 m2), lubang (potholes) (39 buah), alur (rutting) (222.8 m2), sungkur (shoving) 3.78 m2, pelapukan dan butiran lepas (weathering and raveling) (2457.06 m2). Nilai PCI rata-rata dari keseluruhan unit sampel yang diteliti yang merupakan nilai PCI dari ruas jalan Gorontalo-Taludaa (km 35 - km 45) adalah 67,45 menunjukan perkerasan dalam kondisi baik (good).
Kata kunci : Jalan, Kerusakan, PCI
Download berkas