Penulis / NIM
REY DAMITI / 511410001
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMMAD YUSUF TULOLI, S.T., M.T. / 0004017703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ANTON KAHARU, S.T.,M.T. / 0019116808
Abstrak
ABSTRAK
Rey Damiti, 2016. Perencanaan Trase Rel Kereta Api Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang Berdasarkan Kesesuaian Medan. Program studi S1 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing utama Dr. M. Yusuf Tuloli, S.T., M.T. dan Pembimbing pendamping Dr. Anton Kaharu, S.T., M.T.
Tujuan penelitian Perencanaan Trase Rel Kereta Api Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang Berdasarkan Kesesuaian Medan ini yaitu; 1) Menganalisis kesesuaian medan untuk perencanaan trase rel kereta api Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang dan 2) Mendapatkan trase rel kereta api alternatif terbaik Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang.
Berdasarkan karakteristik objek, penelitian ini menggunakan pendekatan survei, berdasarkan populasi di wilayah Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang dan berdasarkan karakteristik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, dengan alat bantu software sistem informasi geografi (SIG). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, pada wilayah penelitian terbagi 5 (lima) zonasi medan untuk trase rel kereta api Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang yaitu kesesuaian tinggi (YT), kesesuaian sedang (YS), kesesuaian cukup (YC), tidak sesuai sementara (NS) dan tidak sesuai selamanya (NN). Kesesuaian medan dominan untuk prencanaan trase rel kereta api Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang adalah kategori kelas kesesuaian sedang (YS). 2) Alternatif Trase rel kereta api terbaik Isimu - Pelabuhan Anggrek - Pelabuhan Kwandang yaitu alternatif kedua (berdasarkan kesesuaian kontur) dengan skor tingkat kesesuaian sedang YS sebesar 411 satuan. dengan panjang trase 39000,91 Meter atau 39,00 KM.
Kata kunci: Perencanaan trase rel kereta api, kesesuaian medan.
Download berkas