SKRIPSI

Penulis / NIM
CHATRIANI ASTA NOFIA A. PAUWENI / 511410037
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr MARIKE MAHMUD, S.T., M.Si / 0007086905
Abstrak
Chatriani Asta Nofia Pauweni. 2016. Studi Perilaku Pengendara Sepeda Motor di Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Yuliyanti Kadir, ST. MT. Pembimbing II Dr. Marike Machmud, ST., M.Si. Perilaku pengendara sepeda motor adalah salah satu penentu jumlah kecelakaan lalu lintas. Perilaku mematuhi dan melanggar lalu lintas oleh pengendara sepeda motor di Kota Gorontalo dipengaruhi oleh karakteristik sosial ekonomi pengendara. Karakteristik pengendara tersebut yaitu usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan tingkat penghasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan hubungannya terhadap perilaku pengendara sepeda motor. Sampel penelitian berjumlah 400 (empat ratus) responden yang disurvei wawancara yang dipilih secara acak (random sampling) dan diolah menggunakan analisis deskriptif dengan tabel dan grafik. Responden pengendara sepeda motor didominasi pengendara dengan rentang usia 21-30 tahun, dengan persentase 41,5% dan didominasi tingkat pendidikan terakhir jenjang SMA/SMK/MA, dengan persentase 57,75%. Kelompok jenis pekerjaan responden terbanyak adalah kategori 2, yaitu Karyawan Swasta, Wiraswasta, Kontraktor, Pedagang, Pensiunan BUMN dengan persentase 44,5% dan sebesar 60% memiliki penghasilan di bawah UMR (Rp.1.875.000). Hasil identifikasi karakteristik responden menunjukkan kecenderungan semakin tinggi usia dan tingkat pendidikan responden pengendara maka perilaku dalam berkendara serta pemahaman peraturan lalu lintas semakin baik. Responden yang berperilaku berkendara serta pemahaman yang baik didominasi oleh responden berpekerjaan kategori 1 (PNS, TNI/POLRI, Satpol PP) sedangkan yang kurang baik adalah responden berpekerjaan kategori 4 (Mahasiswa/Pelajar). Karakteristik penghasilan responden menunjukkan bahwa responden yang berpenghasilan di atas UMR (Rp. 1.875.000) lebih baik daripada responden berpenghasilan di bawah UMR (Rp. 1.875.000). Kata Kunci : Studi Perilaku, Sepeda Motor, Gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011