Penulis / NIM
AKBAR FAJAR MAHANGGI / 511411004
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
FRICE LAHMUDIN DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Pembimbing 2 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Abstrak
INTISARI
AKBAR FAJAR MAHANGGI, Nim 5114 11 004. "Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dalam Penilaian Kondisi Jalan Trans Sulawesi Ruas Isimu - Kwandang" dibawah bimbingan Ibu Frice L. Desei, S.T., M.Sc dan Ibu Yuliyanti Kadir, S.T., M.T. Program Studi S1 Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini berfokus pada penilaian kondisi kerusakan permukaan Jalan Trans Sulawesi ruas Isimu - Kwandang.Tujuan penelitian untuk: 1) mengetahui jenis dan tingkat kerusakan pada permukaan perkerasan lentur di ruas Jalan Tibawa - Kwandang; 2) mengetahui nilai kondisi perkerasan ruas jalan tersebut dengan cara menentukan nilai PCI (Pavement Condition Index); 3) mengidentifikasi jenis penanganan yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kerusakan di ruas jalan tersebut.
Penelitian ini dilakukan di Jalan Trans Sulawesi ruas Isimu - Kwandang. Tahapan analisa dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survei visual di lokasi penelitian, menentukan jenis dan tingkat kerusakan dan mengukur dimensi kerusakan yang meliputi panjang, lebar dan kedalaman kerusakan yang terjadi, menghitung luas kerusakan, analisa kondisi kerusakan permukaan Jalan Trans Sulawesi ruas Isimu - Kwandang adalah dengan cara menghitung nilai PCI secara keseluruhan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), selanjutnya menentukan kondisi kerusakan permukaan jalan berdasarkan nilai PCI dan tindakan penanganan yang tepat pada kerusakan yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perkerasan di Jalan Trans Sulawesi ruas Isimu - Kwandang berdasarkan skala PCI adalah 61,29 "baik", dan terdapat 16 jenis kerusakan yang terjadi yaitu kerusakan retak kulit buaya, kegemukan, retak blok, benjol dan turun, bergelombang, amblas, retak pinggir, bahu turun, retak memanjang dan melintang, tambalan dan tambalan galian utilitas, agregat licin, lubang, alur, sungkur, retak slip, pelapukan dan pelepasan butiran. Bentuk penanganan ditentukan berdasarkan jenis kerusakan dilakukan dengan cara perawatan permukaan, penutupan permukaan, penambalan permukaan, penambalan di seluruh kedalaman, sedangkan perawatan berdasarkan nilai PCI perbaikan dilakukan dengan cara penambalan serta dilapisi ulang permukaannya.
Kata Kunci : Jalan Trans Sulawesi, Kerusakan Jalan, PCI
Download berkas