SKRIPSI

Penulis / NIM
NANANG PRIYANTO / 511411008
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Pembimbing 2 / NIDN
FADLY ACHMAD, S.T., M.Eng / 0021117702
Abstrak
PENENTUAN JENIS PEMELIHARAAN JALAN DI KOTA GORONTALO MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA Nanang Priyanto1), Yuliyanti Kadir2), Fadly Achmad3). 1) Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil, Universitas Negeri Gorontalo. 2,3) Dosen pengajar Program Studi S1 Teknik Sipil, Universitas Negeri Gorontalo. (Email: nanangpriyanto91@gmail.com) INTISARI Masalah kerusakan jalan dapat berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi terutama pada sarana transportasi darat. Dampak pada konstruksi jalan yaitu perubahan bentuk lapisan permukaan jalan berupa retak-retak (cracking), alur (rutting), lubang (potholes), dan pelepasan butiran (ravelling) serta gerusan tepi yang menyebabkan kinerja jalan menjadi menurun. Data dasar prasarana jalan Kabupaten/Kota pada tahun 2013 menunjukan bahwa panjang total jaringan jalan yang ada di Kota Gorontalo adalah 224,485 km dengan jumlah ruas sebanyak 275 ruas, diantaranya 187,927 km kondisi baik, 21,875 km kondisi sedang, 6,698 km kondisi rusak ringan dan 5,985 km dalam kondisi rusak berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan, menghitung nilai kondisi perkerasan jalan dan mengetahui pemeliharaan yang tepat. Metode evaluasi kerusakan jalan yang akan digunakan yaitu Metode Bina Marga dan Tabel Definisi Tiap Kategori Kondisi Perkerasan. Penelitian dilakukan di 140 ruas jalan dengan kategori 7 ruas Jalan Nasional, 6 Jalan Provinsi dan 127 ruas jalan yang terdaftar dalam data dasar prasarana jalan Kabupaten/Kota Gorontalo Tahun 2013 yang memiliki lebar â 3 meter. Hasil penelitian menunjukkan jenis kerusakan yang dapat ditemukan di ruas Jalan Kota Gorontalo antara lain pelepasan butir 336470 m2, agregat licin 17,6 m2, benjol dan turun 0,9 m2, bahu turun 1385 m, kegemukan 1579 m2, lubang 340,3 m2, tambalan 1031 m2, retak memanjang & melintang 711,6 m), retak pinggir 5083 m, kulit buaya 2518 m2, retak blok 87,7 m2, retak slip 4 m2, amblas 4022 m2, serta deformasi plastis (alur 448,2 m2 dan bergelombang 376,6 m2). Penilaian kondisi perkerasan jalan adalah 34,51% baik, 12,14% sedang, 19,29% rusak ringan, dan 33,57% rusak bera. Terdapat 3 jenis pemeliharaan jalan yaitu pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan penigkatan jalan. Persentase jenis pemeliharaan jalan adalah 46,43% pemeliharaan rutin, 19,29% pemeliharaan berkala dan 34,29% peningkatan jalan. Kata Kunci : Jalan Kota Gorontalo, Kerusakan Jalan, Bina Marga. DETERMINATION OF ROAD MAINTENANCE TYPE IN GORONTALO CITY USING BINA MARGA METHOD Nanang Priyanto1), Yuliyanti Kadir2), Fadly Achmad3). 1) Student of Civil Engineering S1 Program, State University of Gorontalo. 2.3) Lecturer of Civil Engineering S1 Program, State University of Gorontalo. (Email: nanangpriyanto91@gmail.com) ABSTRACT The problem of road damage can have an impact on social and economic conditions, especially on land transportation. Impacts on road construction are changes in the shape of the road surface layer in the form of cracking, rutting, potholes, and ravelling and edge scouring causing road performance to decrease. The basic data of district / municipal road infrastructure in 2013 shows that the whole length of the existing road network in Gorontalo City is 224,485 km with the number of sections of 275 segments, including 187,927 km of good condition, 21,875 km of moderate condition, 6,698 km of lightly damaged condition and 5,985 km in a heavily damaged condition. This study aims to identify the type of damage, calculate the value of pavement conditions and know proper maintenance. The road damage evaluation method that will be used is the Bina Marga Method and the definition of each category of pavement conditions. The study was conducted in 140 road segments with 7 categories of National Roads, 6 Roads of Provinces and 127 roads listed in the data base of Gorontalo Regency / City road infrastructure in 2013 which has a width of â 3 meters. The results showed the types of damage that can be found in Gorontalo City Road segment among others release of revelling 336470 m2, polished aggregate 17,6 m2, bump and sags 0,9 m2, lane drop 1385 m, bleeding 1579 m2, potholes 340,3 m2, patching 1031 m2, crack (longitudinal and transverse 711,6 m), edge crack 5083 m, alligator crack 2518 m2, block crack 87,7 m2, slip crack 4 m2, depression 4022 m2, and plastic deformation ( rutting 448,2 m2 and corrugation 376,6 m2). The assessment of the condition of the roughness of the road is 34,51% good, at 12,14%, at 19,29% damaged, and 33,57% damage fallow. There are 3 types of road maintenance that is routine maintenance, periodic maintenance, and enhancement road. The percentage of types of road maintenance was 46,43% routine maintenance, periodic maintenance at 19,29% and 34,29% increase in the avenues. Key words : Gorontalo City Road, Road Damage, Bina Marga.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011