Penulis / NIM
FRENDY R. PAKAYA / 511411024
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Pembimbing 2 / NIDN
FRICE LAHMUDIN DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Abstrak
INTISARI
FRENDY R PAKAYA, NIM 5114 11 024. "Perilaku Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal Di Jalan Arif Rahman Hakim Dan Jalan Kalimantan Kota Gorontalo" dibawah bimbingan ibu Yuliyanti Kadir, S.T., M.T. dan ibu Frice L Desei, S.T., M.Sc. Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo.
Simpang Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Kalimantan di Kota Gorontalo merupakan simpang lengan tiga tak bersinyal. Simpang ini berada dikawasan permukiman, perbelanjaan, perkantoran dan kampus sehingga berpotensi mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku lalu lintas pada persimpangan Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Kalimantan.
Metode yang digunakan untuk menganalisis perilaku lalu lintas simpang tiga tak bersinyal adalah berdasarkan Direktorat Jenderal Bina Marga "Manual Kapasitas Jalan Indonesia" 1997. Pengambilan data geometrik persimpangan dilakukan dengan pengukuran langsung kondisi geometrik lapangan, sedangkan data arus lalu lintas didapatkan dengan pencatatan terhadap arus lalu lintas simpang yang dilakukan pada hari Senin tanggal 30 Juli 2018 hingga hari Rabu tanggal 1 Agustus 2018.
Berdasarkan hasil survei arus lalu lintas didapat jam puncak terletak pada hari Senin Tanggal 30 Juli 2018 pada pukul 16.30 hingga 17.30 dengan dengan jumlah kendaraan yang melewati simpang berjumlah 2257 smp/jam. Setelah dianalisis diperoleh derajat kejenuhan (DS) bernilai 0,80, tundaan simpang (D) sebesar 13,275 det/smp termasuk dalam kategori tingkat pelayanan "C" dan peluang antrian (QP%) 52% - 26%. Untuk peningkatan kinerja simpang perlu dilakukan perbaikan simpang dengan penghilangan hambatan samping dan pengaturan lalu lintas yakni larangan belok kanan untuk jenis kendaraan sepeda motor (MC) dari jalan utama ke jalan minor. Hasil analisis menunjukkan derajat kejenuhan bernilai 0,588, tundaan simpang sebesar 10,321 det/smp termasuk dalam kategori tingkat pelayanan "B" dan peluang antrian 31% - 15%.
Kata Kunci: Simpang tak bersinyal, perilaku lalu lintas, MKJI 1997
ABSTRACT
PAKAYA, FRENDY R STUDENT ID: 5114 11 024. "The Characteristics of Traffic at Non-Signalized Intersections on Jalan Arif Rahman Hakim and Jalan Kalimantan, Gorontalo" Pincipal Supervisor: Yuliyanti Kadir, S.T., M.T. Co-Supervisor: Frice L Desei, S.T., M.Sc. Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Gorontalo.
Jalan Arif Rahman Hakim and Jalan Kalimantan intersections in Gorontalo City are non-signalized three arm intersections. This intersection is located in a residential, shopping, office and campus area so that it has the potential to experience congestion during rush hour. The purpose of this study is to determine traffic behavior at the intersections of Jalan Arif Rahman Hakim and Jalan Kalimantan.
The method used to analyze the behavior of non-signalized intersection is based on the Directorate General of Highways "Indonesian Highway Capacity Manual" 1997. Geometric intersection data collection was done by direct measurement of the geometric conditions of the field, meanwhile traffic flow data were obtained by recording traffic flow intersection conducted on Monday 30 July 2018 until Wednesday 1 August 2018.
The results reveal that the traffic flow survey the rush hours are on Monday July 30 2018 at 16.30 to 17.30 with the number of vehicles passing the intersection amounting to 2257 pcu / hour. After analysis, it is defined that degree of saturation (DS) is worth 0.80, intersection delay (D) of 13.275 det / pcu is included in the category of service level "C" and the chance of queuing (QP%) 52% - 26%. To improve the intersection performance, it is necessary to repair the intersection with removal of side barriers and traffic arrangements, namely the prohibition of turning right for the type of motorcycle (MC) from the main road to the minor road. The results of the analysis show the degree of saturation is 0.588, the intersection delay of 10,321 det / pcu is included in the category of service level "B" and the chance of queuing is 31% - 15%.
Keywords: Non-signalized intersection, traffic characteristics, MKJI 1997
Download berkas