SKRIPSI

Penulis / NIM
SOPYAN S. UNO / 511412022
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ANTON KAHARU, S.T.,M.T. / 0019116808
Pembimbing 2 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Abstrak
INTISARI SOPYAN S. UNO, EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) PADA TRAYEK TERMINAL TELAGA - LAKEYA DI PROVINSI GORONTALO. SKRIPSI, JURUSAN TEKNIK SIPIL, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. PEMBIMBING I DR. ANTON KAHARU, S.T.,M.T. PEMBIMBING II YULIYANTI KADIR, S.T.,M.T Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting jaringan jalan trayek dan angkutan umum serta mengevaluasi kinerja operasi pelayanannya dalam rangka menyusun strategi peningkatan kinerja pada trayek Terminal Telaga- Lakeya di Provinsi Gorontalo. Berdasarkan karakteristik objek, penelitian ini menggunakan pendekatan survai langsung dilapangan, berdasarkan karakteristik populasi, metode proporsional sampling, digunakan terhadap 1 (satu) jaringan trayek Terminal Telaga - Lakeya pada survai indikator kinerja yang mengacu pada SK Dirjen 687/2002, serta dilengkapi dengan survai sosial-ekonomi pengguna angkutan umum. Berkaitan dengan analisis, metode deskripsi kuantitatif dan kualitatif, digunakan untuk menjelaskan keberadaan dan strategi meningkatkan kinerja operasional pelayanan angkutan umum penumpang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara eksisting kondisi jaringan trayek Terminal Telaga-Lakeya memiliki panjang trayek 79 km, dengan kondisi jalan sangat baik yang menggunakan perkerasan kaku hampir 35%. Demikian halnya dengan angkutan umum penumpang, secara eksisting dari 33 angkutan umum yang beroperasi kondisinya 27 (20%) berumur kendaraan >5 tahun. Artinya secara umur, angkutan umum ini sudah tidak sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan. Kinerja oprasional pelayanan angkutan umum, menunjukan bahwa (1) nilai load factor sebesar 49%, (2) headway sebesar 31.15 menit, (3) waktu tunggu sebesar 18.5 menit,(4) frekwensi sebesar 2.85 kend/jam, (5) jarak tempuh sebesar 158 km/kend/hari, (6) waktu tempuh sebesar 3.09 per jam, (7) dan kecepatan perjalanan sebesar 22.19 km/jam, sehingga total nilai untuk kinerja angkutan umum pada trayek Terminal Telaga - Lakeya mendapatkan bobot nilai 13. Ini artinya kinerja pelayanannya termasuk kategori "sedang atau cukup". Langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan baik jangka pendek maupun jangka panjang diantaranya yaitu (a) mengganti kendaraan angkutan umum lama dengan kendaraan yang terbaru (b) perlu adanya aturan yang membatasi usia angkutan max 15 s/d 20 tahun wajib tidak dioperasikan agar faktor muat berada diatas 70% (d) diharapkan adanya publikasi dari Instansi/lembaga yang terkait kepada operator angkutan agar sesuai standar indikator kinerja yaitu sebesar 1-12 menit waktu tunggu di terminal (e) perlu tinjauan kembali terhadap seluruh angkutan umum yang mempunya ijin dan yang tidak mempunyai ijin trayek dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat efisiensi dan jumlah pendapatan bus pertahun. Kata Kunci : Angkutan umum, Kinerja, Pelayanan. ABSTRACT SOPYAN S. UNO. AN EVALUATION OF THE PERFORMANCE OF INTERCITY PUBLIC TRANSPORTATION SERVICES OF TERMINAL TELAGA - LAKEYA TRACE IN GORONTALO PROVINCE. SKRIPSI. STATE UNIVERSITY OF GORONTALO. THE PRINCIPAL SUPERVISOR IS. DR. ANTON KAHARU, ST.,MT. AND THE CO-SUPERVISOR IS YULIYANTI KADIR, ST.,MT. This research is aimed to explore the condition of the existing trace network, and public transport, as well as to evaluate its service performance in arranging the improvement strategies of Terminal Telaga - Lakeya trace in Gorontalo Province. Based on the object characteristics, direct survey approach is applied in this research, in line with the population characteristics as well as a proportional sampling method. This approach is used for 1 (one)trace network of Terminal Telaga - Lakeya in the survey of performance indicators which is based on the decree of Directorate General No. 687/2002 equipped with the social economic survey for the users of public transportation. In data analysis, descriptive quantitative and qualitative are used to explain the public transportation service performance and its strategy of improvement. The result shows that the existing trace network of Terminal Telaga - Lakeya is 79 km length and good road condition, with almost 35% rigid pavement. Likewise, the public transportation, I existing from 33 operating public transportation , it is 27 (20%) aged > 5 years. It means that, by the ages, these numbers of public transportation do not meet the standard. Operational service performance of public transportation shows that (1) the load factor is 49%, (2) the headway is 31.15 minutes, (3) waiting time is 18.5 minutes, (4) the frequency is 2.85 vehicles/hour, (5) the distance is 158 km/vehicles/hour, (6) travel time is 3.09 per hour, (7) and the travel speed is 22.19 km/hour. Therefore, the total score of public transportation performance of Terminal Telaga - Lakeya trace is 13. The result implied that service performance is in an intermediate category. The short term and long term strategies are (a) renewing the public transportation vehicles, (b) creating a regulation of the vehicles ages so that the load factor is 70%, (c) giving institutional regulation about the standard performance indikator, which is 1-12 minutes waiting time, (d) doing a review of all of the public transportation vehicles both with authorization or not to increase the income of public transportation per year. Key Words: Public Transportation, Performance, Service â
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011