Penulis / NIM
TRIYANDA DJAILANI / 511413002
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BEBY SINTIA DEWI BANTENG, S.T., MSP / 0024027503
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ANTON KAHARU, S.T.,M.T. / 0019116808
Abstrak
INTISARI
Triyanda Djailani, 2018. Tinjauan Kelayakan Geometrik Jaringan Jalan Marisa - Tolinggula Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Beby S. Dewi Banteng S.T., MSP. dan Pembimbing II Dr. Anton Kaharu S.T., M.T.
Kondisi geometrik daerah penelitian berdasarkan pembacaan peta kontur direncanakan sebagian besar melewati Kecamatan Buntulia, dimana wilayah ini memiliki ketinggian kontur yang variatif sehingga perlu diadakannya tinjauan kelayakan geometrik. Tujuan penelitian yaitu mengetahui kondisi geometrik trase rencana yang ditinjau berdasarkan skenario PU Provinsi Gorontalo, kesesuaian kontur dan jarak terpendek serta menentukan trase yang layak diantara skenario yang direncanakan.
Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif berdasarkan geometrik jalan yang berlaku pada tinjauan geometrik, sedangkan pada perbandingan antara skenario untuk mendapatkan skenario terbaik digunakan metode analisis kualitatif.
Daerah tinjauan yang memiliki angka skor tertinggi adalah skenario kesesuaian kontur dengan persentase kelandaian rata-rata 2.955%, Sedangkan untuk skenario lainnya yaitu Skenario PU Provinsi Gorontalo dengan kelandaian rata-rata 4.136 % dan skenario jarak terpendek dengan kelandaian rata-rata 4.108 % masih dapat dikatakan layak akan tetapi tidak dipilih kerena memiliki persentase bagian lurus yang tidak memenuhi syarat yaitu untuk skenario PU Provinsi Gorontalo adalah 4 (16%) dari 25 bagian lurus dan untuk Skenario Jarak Terpendek adalah 8 (50%) dari 16 bagian lurus. Dibandingkan dengan skenario kesesuaian kontur yang hanya memiliki 2 ( 7.4 % ) bagian lurus yang tidak memenuhi, maka kedua trase tersebut dikatakan kurang layak.
Kata Kunci: Jalan Marisa-Tolinggula, Tinjauan Geometrik.
ABSTRACT
The geometric condition of the research based on the reading of contour map is planned mostly through Buntulia Sub-district, where the area has varied contour altitude so that the geometric feasibility study is to be held. The objective of this research is to know the geometric condition of the planned plan based on the scenario of PU Gorontalo Province, the contours and the shortest distance and to determine the appropriate trace between the planned scenarios.
The analytical method used is a quantitative method based on road geometry applicable to geometric review, whereas in a comparison between scenarios to get the best scenario used qualitative analysis method.
The highest scoring area is the contour compliance scenario with an average percentage of 2.955%. As for the other scenario is scenario PU Gorontalo Province with an average slope of 4.136% and the shortest distance scenario with an average slope of 4.108% can still be said ti be eligible but not selected because it has a percetage of straght parts that do not meet the requirements that is for the scenario PU Gorontalo Province is 4 (16%) of 25 staight sections and for the shortest distance scenario is 8 (50%) of 16 straight sections. Compared to the contour conformity scenario that has only 2 (7.4%) straight sections that do not meet, then the two traces are said to be inadequate.
Keywords: Road Marisa-Tolinggula, Geometric Review
Download berkas