Penulis / NIM
ANDI RADYANTI RAZAK / 511413009
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMMAD YUSUF TULOLI, S.T., M.T. / 0004017703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ANTON KAHARU, S.T.,M.T. / 0019116808
Abstrak
Intisari
Andi Radyanti Razak, Studi Kelayakan Ekonomis Perencanaan Trase Jalan Marisa-Tolinggula Di Provinsi Gorontalo. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Tekniks Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. M. Yusuf Tuloli. S.T., M.T. Pembimbing 2 Dr. Anton Kaharu, S.T., M.T.
Perencanaan trase jalan membutuhkan sebuah studi kelayakan. Fokus penelitian ini adalah studi kelayakan ekonomi perencanaan trase jalan Marisa - Tolinggula. Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui besar biaya dalam realisasi, 2) mengetahui nilai kelayakan ekonomis, 3) mengetahui waktu yang diperlukan untuk mengembalikan biaya awal dari perencanaan trase jalan Marisa - Tolinggula.
Berdasarkan objek penelitian, pendekatan penelitian menggunakan metode survei. Berdasarkan populasi, metode proporsional sampel dimana wilayah Marisa - Tolinggula sebagai sampel penelitian. Berkaitan dengan analisis, metode deskriptif dan kuantitatif digunakan dalam analisis kelayakan ekonomi dengan parameter NPV, BCR, dan IRR dalam perencanaan trase jalan Marisa - Tolinggula.
Hasil penelitian diperoleh: 1) Trase jalan Marisa-Tolinggula membutuhkan biaya sebesar Rp. 18,286,231,523,000.00. 2) Trase jalan Marisa-Tolinggula jika direalisasikan akan layak secara ekonomi. Diperoleh nilai NPV pada diskon 10% dan 80% masing-masing adalah Rp. 172,304,680,505,603.00 dan Rp. 1,887,035,136,964.08, diperoleh nilai BCR pada diskon 10% dan 80% masing-masing adalah 7.81 dan 1.09 dan untuk nilai IRR diperoleh sebesar 87.56%. 3) Periode waktu yang dibutuhkan pada diskon 10% diperoleh 1.92 tahun dan pada tingkat diskon 80% diperoleh waktu 13.67 tahun.
Kata Kunci: BCR, IRR, Kelayakan Ekonomis, Marisa, NPV, PBP, Tolinggula
Abstract
Andi Radyanti Razak. Economic Feasibility Study of Marisa-Tolinggula Road Traffic Planning in Gorontalo Province. Skripsi, Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, State University of Gorontalo. Supervisor I Dr. M. Yusuf Tuloli, ST, MT. Supervisor 2 Dr. Anton Kaharu, ST, MT
Road trace planning required a feasibility study. The research focuses on the feasibility study of Marisa-Tolinggula road trace planning. The research objectives are : 1) to know the cost in the realization of road trace planning, 2) to know the value of economic feasibility, 3) to know the time needed to restore the initial cost.
Based on the research object, the research applied survey method. Based on population, proportional sampling found Marisa - Tolinggula area as the research sample. In regrard of analysis, it applied descriptive and quantitative method as the economic feasibility study through NPV, BCR, and IRR as parameters for planning of Marisa - Tolinggula road trace.
The result obtained: 1) Road trace traffic path Marisa - Tolinggula cost Rp. 18,286,231,523,000.00. 2) Marisa - Tolinggula road trace if realized will be economically feasible. Retrieved NPV value at 10% and 80% discount respectively is Rp. 172,304,680,505,603.00 and Rp. 1,887,035,136,964.08, obtained the value of BCR at 10% and 80% respectively are 7.81 and 1.09 and for the value of IRR obtainde by 87.56%. 3) The time period required at 10% discount is obtained 1.92 years and at 80% discount rate obtaide time 13.67 years.
Keywords: BCR, IRR, Economic Feasibility, Marisa, NPV, PBP, Tolinggula.
Download berkas