Penulis / NIM
PIPIN ABDULLAH / 511413047
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Pembimbing 2 / NIDN
FRICE L. DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Abstrak
Nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) yang berbeda-beda berdasarkan jenis kendaraan, jenis jalan, dan volume jam perencanaan (kendaraan/jam). Khusus untuk jalur empat lajur dua arah, lebar jalur lalu lintas juga mempengaruhi besarnya ekr. Makin besar jenis kenderaan maka nilai ekivalensi kenderaan ringan (ekr) makin tinggi. Makin tinggi kecepatan kenderaan maka nilai ekivalen kenderaan ringan (ekr) makin rendah. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis nilai ekivalensi kendaraan (ekr) Bentor Untuk tipe Jalan Terbagi pada ruas jalan Prof. Dr. H.B. Jassin dan Jalan. Nani Wartabone , dan kinerja ruas Jalan Prof. Dr. H.B. Jassin dan Jalan Nani Wartabone Kota Gorontalo.
Lokasi penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Prof. Dr. H.B. Jassin dan ruas Jalan Nani Wartabone. Data yang dikumpulkan adalah data volume arus lalu lintas. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014.
Dari hasil perhitungan diperoleh nilai ekivalen kenderaan ringan (ekr) untuk kenderaan becak motor (bentor) pada ruas jalan Prof. Dr. H.B. Jassin sebesar 0,41 dan pada ruas jalan Nani Wartabone diperoleh nilai ekivalen sebesar 0,55. Kemudian dilakukan perhitungan menganalisis kinerja ruas Jalan Prof. Dr. H.B. Jassin dan Jalan Nani Wartabone diperoleh nilai derajat kejenuhan (DJ)
Download berkas