Penulis / NIM
RIANTI AISYAH A. YUSUF / 511415003
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMMAD YUSUF TULOLI, S.T., M.T. / 0004017703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ANTON KAHARU, A.Ma.T.S.,S.T.,M.T. / 0019116808
Abstrak
INTISARI
Rianti Aisyah A. Yusuf. 2021. Evaluasi Jaringan Trayek Eksisting Angkutan Umum Perkotaan dan Perdesaan di zona bagian Timur Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Moh. Yusuf Tuloli, S.T.,M.T dan Pembimbing II: Dr. Anton Kaharu, S.T.,M.T.
Pemerintah Kabupaten Boalemo wajib untuk menyediakan angkutan umum yang membentuk jaringan yang saling terkait dan saling melengkapi baik secara kinerja dan layak agar dapat menunjang kegiatan masyarakat khususnya di Wilayah Perkotaan dan Perdesaan di zona bagian Timur Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik sosial ekonomi dan perjalanan dari pengguna transportasi darat eksisting, menganalisis unjuk kerja (kinerja) operasi pelayanan angkutan umum dalam trayek eksisting, menganalisis pola pergerakan Origin-Destination (O-D) lalu lintas eksisting, dan menyusun pola dan profil rencana jaringan trayek yang dapat dikembangkan dalam pergerakan penumpang dari asal ke tujuan saat ini, khususnya di zona bagian Timur Kabupaten Boalemo.
Metode penelitian ini, menggunakan pendekatan survai lapangan, yaitu dimana dari data yang diperoleh dari lapangan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Pada tahap ini untuk memperoleh data primer survai armada dengan bantuan instrumen survai yang disusun untuk mengidentifikasi kinerja layanan Angkutan Kota dan Perdesaan, serta wawancara terhadap penumpang Angkutan Kota dan Perdesaan dilakukan secara online di wilayah Kabupaten Boalemo.
Berdasarkan hasil penelitian daerah ini mempunyai karakteristik sosial ekonomi pengguna angkutan darat yang bervariasi dan menunjukkan kinerja angkutan umum perkotaan maupun angdes belum cukup efektif bila ditinjau dari segi tingkat kemudahan, kapasitas pelayanan, kualitas pelayanan yang rata-rata belum memenuhi standar yang disyaratkan. Sedangkan efesiensi angkutan umum yang ditinjau dari tingkat utilisas angkutan umum baik mikrolet maupun angdes di lokasi penelitian relatif lebih kecil di bandingkan dengan panjang jalan yang ditempuh, disebabkan kerena ukuran wilayah lokasi penelitian yang lebih besar.
Kata Kunci: Angkutan Umum, Jaringan Trayek, Perkotaan dan Perdesaan
Download berkas