Penulis / NIM
MUFTI NADIRSYAH PUTRA ANWAR / 511416001
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
FRICE L. DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Ir. FADLY ACHMAD, S.T., M.Eng., IPM / 0021117702
Abstrak
Teknologi aspal plastik menjadi salah satu alternatif dalam menigkatkan kualitas suatu perkerasan jalan dengan bahan pengikat aspal. Penelitian aspal plastik ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik parameter Marshall pada campuran laston AC-WC.
Penelitian ini dilakukan di laboratorium Teknik Sipil Universitas Negeri Gorontalo. Metode penelitian yaitu dengan menentukan nilai KAO dari lima variasi benda uji dengan melihat nilai parameter Marshall. Nilai KAO yang didapat selanjutnya disubstitusi dengan material plastik yang telah memenuhi spesifikasi dengan variasi substitusi 4%, 4,5%, 5%, 5,5%, dan 6% dari berat KAO. Metode yang digunakan dalam pencampuran adalah metode pencampuran basah dan pencampuran kering yang masing-masing berjumlah 5 sampel setiap variasi.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai stabilitas awal KAO sebesar 850 kg yang mengalami peningkatan pada masing-masing variasi dalam metode pencampuran kering. Pada kadar plastik 4% memiliki nilai stabilitas 1.148,41 kg, kadar plastik 4,5% memiliki nilai stabilitas 965,01 kg. Pada kadar plastik 5% memiliki nilai stabilitas 1.034,88 kg, kadar plastik 5,5% memiliki nilai stabilitas 876,23 kg, dan kadar plastik 6% memiliki nilai stabilitas 992,67 kg. Nilai stabilitas pada metode pencampuran basah tidak menunjukkan peningkatan terkecuali pada variasi kadar plastik 6% dengan nilai stabilitas 889,33 kg. Metode pencampuran kering lebih cocok digunakan karena menunjukkan peningkatan dari aspal konvensional dengan presentase subtitusi plastik terbaik 4%. Metode pencampuran basah sebaiknya tidak digunakan dengan persentase substitusi plastik yang melebihi standar yaitu berkisar pada 1% substitusi kadar plastik.
Download berkas