Penulis / NIM
DANDI ATUNE / 511416021
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
ARFAN UTIARAHMAN, S.T., M.T. / 0023087503
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMMAD YUSUF TULOLI, S.T., M.T. / 0004017703
Abstrak
Dandi Atune. 2021. Analisis Pembangunan Infrastruktur Jalan (Paving block) Di Kawasan Permukiman (Studi Kasus: Jalan Boliyohuto Kota Gorontalo). Program Studi S1 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Arfan Utiarahman, S.T, M.T. dan Pembimbing II Dr. M. Yusuf Tuloli, S.T, M.T.
Penelitian ini berfokus pada Analisis Pembangunan Infrastruktur Jalan (Paving block) Di Kawasan Permukiman. Tujuan Penelitian untuk : 1) Menganalisis kualitas mutu (Paving block) di kawasan Permukiman Jalan Boliyohuto Kota Gorontalo; 2) Mengetahui kepuasan masyarakat setelah pembangunan infrastruktur jalan (Paving block) di kawasan Permukiman jalan Boliyohuto Kota Gorontalo; 3) Menganalisis topografi dan kemiringan elevasi jalan (Paving block) di kawasan Permukiman Jalan Boliyohuto Kota Gorontalo.
Lokasi penelitian berada di Gorontalo yang terletak di Jalan Boliyohuto, Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah memperoleh data kualitas Paving block untuk mendapatkan perhitungan kuat tekan paving block dan Penyerapan air, serta mengetahui kepuasan masyarakat dan pengukuran kemiringan elevasi jalan paving block menggunakan alat waterpas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil tes tekan Paving block dengan tegangan hancur rata-rata = 252,15 kg/cm����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������², dan dapat di konversikan dengan tabel SNI Bata Beton, dapat menunjukkan Paving block dengan mutu beton I, maka bisa dikategorikan layak dengan mutu beton tinggi; Hasil uji Penyerapan air Paving block dengan hasil rata-rata = 2,529%, bisa dikategorikan dengan Penyerapan rendah, didalam tabel SNI Bata beton Paving block 1996 yakni penyerapan makasimal untuk perkerasan jalan paving maksimal 3 %. 2) Hasil SKM dengan responden 40 orang dengan 10 pertanyaan, dilihat dari indikator Teknis dan Fungsi dimana dengan hasil Prosentase, Kurang Puas = 52,50%; Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dilihat dari indikator Teknis dengan responden 40 orang dengan 5 pertanyaan, dimana dengan hasil Prosentase, Kurang Puas = 60%; Hasil SKM dilihat dari indikator Fungsi dengan responden 40 orang dengan 5 pertanyaan, dimana dengan hasil Prosentase, Puas = 65%. 3) Elevasi Jalan Paving block pada lokasi penelitian cenderung datar dan bercekung dengan elevasi jalan Pavng block yang tertinggi di STA. +0,389 m dengan tinggi 66,66 cm dan kontur elevasi yang paling rendah berada di STA. +0,85,5 m dengan tinggi 65,96 cm.
Kata Kunci: Kualitas Paving Block, Survei Kepuasan Masyarakat, Topografi.
Download berkas