SKRIPSI

Penulis / NIM
BAGASTIAR IMRAN / 511416064
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Pembimbing 2 / NIDN
FRICE L. DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Abstrak
Bagastiar Imran, 2021. Penggunaan Metode Bina Marga dan Metode International Roughness Index (IRI) Untuk Penilaian Kondisi Kerusakan Jalan Raja Wadipalapa. Prodi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing 1 Ibu Yulianti Kadir S.T., M.T. dan Dosen Pembimbing 2 Ibu Frice L. Desei S.T., M.Sc. Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan kerusakan jalan yang terjadi di Jalan Raja Wadipalapa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi jenis kerusakan dominan yang terjadi pada ruas Jalan Raja Wadipalapa, mengevaluasi nilai urutan prioritas jalan berdasarkan metode Bina Marga, mengevaluasi nilai kerataan jalan menurut metode International Roughness Index, dan mengevaluasi pemeliharaan yang sesuai untuk mengatasi kerusakan Jalan Raja Wadipalapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Bina Marga dan metode International Roughness Index. Dalam metode Bina Marga dilakukan survei kondisi jalan dan survei lalu lintas untuk mendapatkan nilai Urutan Prioritas. Metode International Roughness Index menggunakan aplikasi Roadlap Pro dan mobil untuk mendapatkan nilai kerataan jalan yang diteliti. Berdasarkan hasil penilaian terhadap kondisi jalan di ruas Jalan Raja Wadipalapa STA 0+000- STA 5+100 Kabupaten Gorontalo diperoleh nilai kondisi perkerasan persegmen yang mengalami kerusakan dominan adalah butiran lepas. Hasil dari survei lalu lintas menunjukan nilai LHR yang didapat sebesar 370,15 Smp/jam sehingga masuk dalam kategori kelas jalan adalah 3. Segmen yang harus mendapatkan prioritas penanganan terlebih dahulu yaitu Sta 1+000-Sta 2+000. Urutan Prioritas dengan nilai urutan terendah yaitu ruas Sta 0+000-Sta 1+100 dengan nilai urutan kategori sebesar 5. Nilai urutan prioritas tertinggi yaitu ruas Jalan STA 4+000 - Sta 5+100 dengan nilai urutan sebesar kategori 6. Hasil nilai kerataan jalan di ruas jalan Raja Wadipalapa adalah 5,38, sehingga masuk dalam kategori sedang. Jalan Raja Wadipalapa perlu dimasukan dalam program pemeliharaan berkala berdasarkan hasil analisis metode Bina Marga dan metode International Roughness Index. Kata Kunci : Metode International Roughness Index, Metode Bina Marga, Kerusakan jalan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011