Penulis / NIM
MOH. RIZKY BINJEN / 511417071
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. FADLY ACHMAD, S.T., M.Eng., IPM / 0021117702
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. INDRIATI MARTHA PATUTI, S.T., M.Eng. / 0013036904
Abstrak
Moh. Rizky Binjen. 2021. Analisis Stabilitas Lereng Pada Pembangunan Jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) KM. 13+100 ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½" KM.13+800. Program Studi S1 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Fadly Achmad, S.T., M.Eng. dan Pembimbing II, Dr. Indriati M. Patuti, S.T., M.Eng.
Gorontalo Outer Ring Road (GORR) dibangun melewati kondisi geologi yang bervariasi. Setiap kondisi geologi meliputi aspek morfologi, litologi atau batuan, dan kemiringan lereng. Perbedaan kondisi geologi ini dapat mempengaruhi terjadinya longsor atau gerakan tanah. Batu gamping yang secara visual telah lapuk sedang dan butiran berukuran pasir. Penelitian ini difokuskan pada penelaahan pengaruh karakteristik tanah terhadap kestabilan lereng alami.
Lokasi penelitian terletak di Desa Pone Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Pada penelitian ini menggunakan data primer yaitu pengukuran geometri lereng dan sekunder yang didapatkan dari beberapa instansi yaitu PUPR Gorontalo. Data sekunder yang digunakan adalah hasil pengeboran dari pengujian SPT (Standard Penetration Test), dan hasil uji laboratorium. Data yang didapatkan diolah dan dikorelasikan dengan parameter yang menjadi tujuan penelitian, serta dianalisis menggunakan software Slide 2D dengan metode Fellenius, Bishop dan GLE/Morgenstern-Price untuk melihata besar faktor keamanan lereng alam.
Berdasarkan hasil identifikasi tanah dengan pengeboran dan observasi terdapat tiga faktor utama penyebab terjadinya gerakan tanah, yaitu geometri lereng yang sangat terjal (kemiringan rata-rata mencapai 65����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½...����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½), curah hujan yang sangat tinggi membuat beban lereng bertambah, dan material pembentuk lereng yaitu batuan gamping yang mudah larut oleh air. Hasil analisis menggunakan perangkat lunak Slide 2D mempunyai faktor aman minimum lereng sebelah utara terjadi pada metode Fellenius yaitu FK = 0,924 < 1,25. Maupun lereng sebelah selatan mempunyai faktor aman minimum terjadi pada metode Fellenius yaitu FK = 1,053 < 1,25. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode keseimbangan batas, lereng sebelah utara maupung lereng sebelah selatan disarankan menggunakan perkuatan untuk menaikkan faktor keamanan lereng.
Kata Kunci: Stabilitas Lereng, Metode Keseimbangan Batas, Fellenius, Bishop dan Morgenstern Price.
Download berkas