Penulis / NIM
CHAIRUNNISA YUSUF / 511417075
Program Studi
S1 - TEKNIK SIPIL
Pembimbing 1 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Pembimbing 2 / NIDN
FRICE L. DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Abstrak
Chairunnisa Yusuf, 2022. ����¯�¿�½�..."Evaluasi Dampak Beban Berlebih (Overloading) Terhadap Penurunan Umur Rencana JalanÃ���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�ÂÂ. Prodi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Ibu Yuliyanti Kadir, S.T., M.T. dan dosen Pembimbing II Ibu Frice L. Desei, S.T., M.Sc.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis besar angka ekivalen sumbu kendaraan yang melewati ruas Jalan Pelabuhan Gorontalo - Taludaa serta pengaruh kendaraan overloading terhadap penurunan umur rencana jalan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) 2017. Untuk pengolahan datanya menggunakan data berat dan jumlah kendaraan dari Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Molotabu serta data Lalu-lintas Harian Rata-rata (LHR) dari BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional). Sementara untuk analisis data menggunakan analisis Cumulative Equivalent Standard Axle Load (CESAL).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh angka ekivalen kondisi muatan normal selama umur rencana 10 tahun yaitu 101.495,73 ESAL dan untuk kondisi muatan overloading selama umur rencana 10 tahun yaitu 105.590,73 ESAL, sehingga dapat diketahui bahwa umur rencana mampu bertahan selama 9,6 tahun atau akan terjadi penurunan umur rencana jalan sebesar 0,40 tahun pada tahun ke 9.
Kata Kunci: MDPJ 2017, Overloading, Umur Rencana
Download berkas