SKRIPSI

Penulis / NIM
AHMAD APRIYANTO U. ADAM / 512413010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN
Pembimbing 1 / NIDN
ISNAWATI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0011097406
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARIKE MAHMUD, S.T., M.Si / 0007086905
Abstrak
MINAT SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 GORONTALO UNTUK MELANJUTKAN KE PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN Ahmad Apriyanto U. Adam NIM : 512 143 010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Faktor internal dan eksternal minat siswa SMK Negeri 3 Gorontalo untuk melanjutkan ke program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif dengan metode kuantitatif dilaksanakan di SMK Negeri 3 Gorontalo pada bulan desember 2019. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel adalah 161 siswa kelas XII dengan program keahlian yaitu gambar bangunan, konstruksi kayu, konstruksi batu beton, survey pemetaan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Validitas isi menggunakan rumus product momen dengan hasil 25 item valid dari 30 item pertanyaan dan untuk uji rehabiltas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil alpha 0.942 > 0.349 r tabel, artinya instrumen rehabilitas mempunyai tingkat rehabilitas tinggi. Analisis data secara analisis deskriftif untuk masng-masing variabel penelitian dengan rumus Rating scale. Hasil data menggambarkan bahwa : (1) faktor internal minat siswa SMK Negeri 3 Gorontalo melanjutkan ke program studi pendidikan teknik bangunan berada pada kategori tinggi yaitu 83.18%, dengan kategori indikator motivasi 25.76%, perhatian 16.83%, aktivitas 14.78%, semangat 14.50%, keingintahuan 14.34%, keingintahuan 14.34%, dan indikator kebutuhan 13.78. (2) faktor eksternal minat siswa SMK Negeri 3 Gorontalo melanjutkan ke program studi pendidikan teknik bangunan yaitu 75.98% kategori tinggi, dengan kategori indikator guru 26.21%, lingkungan 24.10%, orang tua 17%, teman 16.43%, fasiltas 16.26%. Kata kunci : Minat, siswa, Pendidikan Teknik Bangunan MINAT SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 GORONTALO UNTUK MELANJUTKAN KE PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN Ahmad Apriyanto U. Adam NIM : 512 143 010 ABSTRACT This study aims to determine: Internal and external factors of interest in students of SMK Negeri 3 Gorontalo to continue to the S1 Building Engineering Education study program. This research is a descriptive research with quantitative methods carried out at SMK Negeri 3 Gorontalo in December 2019. This study uses a saturated sample with a total sample of 161 students of class XII with expertise programs, namely building drawings, wood construction, concrete stone construction, mapping surveys. Data collection techniques by observation, interviews, questionnaires, and documentation. The content validity uses the product moment formula with the results of 25 valid items from 30 question items and for the rehabilitation test using Alpha Cronbach with alpha results of 0.942> 0.349 r table, meaning that the rehabilitation instrument has a high level of rehabilitation. Analysis of data using descriptive analysis for each research variable with the Rating scale formula. The results of the data illustrate that: (1) the internal factors of interest in students of SMK Negeri 3 Gorontalo to continue to the building engineering education study program are in the high category, namely 83.18%, with the category of motivation indicators 25.76%, attention 16.83%, activity 14.78%, enthusiasm 14.50%, curiosity 14.34%, curiosity 14.34%, and indicators of needs 13.78. (2) external factors of interest in students of SMK Negeri 3 Gorontalo continue to study program of building engineering education, namely 75.98% high category, with the category of teacher indicators 26.21%, environment 24.10%, parents 17%, friends 16.43%, facilities 16.26%. Keywords: Interests, students, Building Engineering Education
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011