Penulis / NIM
WIRANTO R. BINTELO / 512415006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN
Pembimbing 1 / NIDN
SUNARDI, S.Pd, M.Pd / 0009069003
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. RAWIYAH HUSNAN, M.T. / 0027046408
Abstrak
Wiranto R. Bintelo, 2022. Pengaruh Konsep Diri Kejuruan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kematangan Vokasional Siswa SMK Kompetensi Keahlian DPIB Di Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sunardi, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II Ir. Rawiyah Husnan, M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) pengaruh konsep diri kejuruan terhadap kematangan vokasional siswa SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di Provinsi Gorontalo; (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap kematangan vokasional siswa SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di Provinsi Gorontalo; (3) pengaruh simultan konsep diri kejuruan dan kemandirian belajar terhadap kematangan vokasional SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survei ex post facto dengan menggunakan angket untuk pengumpulan datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK berjumlah 147 siswa dengan sampel 108 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri kejuruan terhadap kematangan vokasional sebesar 5,2%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap kematangan vokasional sebesar 47,5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri kejuruan dan kemandirian belajar terhadap kematangan vokasional sebesar 48,5%.
Kata Kunci: Konsep Diri Kejuruan, Kemandirian Belajar, Kematangan Vokasional
Download berkas