SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD SIGIT H. NGADI / 512415008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN
Pembimbing 1 / NIDN
HASDIANA, S.Pd., M.Sn / 0021057803
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. RAWIYAH HUSNAN, M.T. / 0027046408
Abstrak
ABSTRAK Moh. Sigit H. Ngadi. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan (Studi Kasus Siswa Kelas X Desain Permodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Suwawa). Skripsi, Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hasdiana, S.Pd, M.Sn dan Pembimbing II Ir. Rawiyah Husnan. M.T Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas X program keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan sebanyak 20 siswa menggunakan Problem Based Learning dalam kelas eksperimen (DPIB 1) dan 20 siswa menggunakan ceramah dalam kelas kontrol (DPIB 2). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Data hasil model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh dari nilai ujian akhir dalam bentuk soal objektif. Nilai akhir dalam dua metode pembelajaran menunjukan bahwa nilai t-hitung = -6.573 dan nilai t-tabel dk=19=2.09 dengan nilai Ho ditolak dan Ha diterima (-6.573 ����¯�¿�½���¯���¿���½������¤ 2.09) dengan interval koefisien 0,80-1,000 ditemukan koefisien korelasi 0,84 dan tingkat hubungan sangat kuat. Hasil analisis perolehan nilai akhir dua model pembelajaran dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan dalam penelitian ini sangat berpengaruh hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah yang sudah diterapkan di jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan kelas X (sepuluh) SMK Negeri 1 Suwawa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Konstruksi Bangunan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011