Penulis / NIM
FIRMAN HURSAN / 512416001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN
Pembimbing 1 / NIDN
HASMAH, S.Pd, M.Sn / 0025047801
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. RAWIYAH HUSNAN, M.T. / 0027046408
Abstrak
Firman Hursan. 2022. Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Gambar Teknik, (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Angkatan 2020 Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Hasmah, S.Pd., M.Sn dan Pembimbing II: Ir. Rawiyah Husnan, M.T.
Pembelajaran Daring atau yang dikenal dengan pembelajaran dalam jaringan menuntut mahasiswa untuk mandiri dan aktif. Proses pembelajaran Daring pada mata kuliah gambar teknik ini memiliki salah satu kendala dalam pembelajaran yaknik proses pembelajaran melalui media yang tidak di pahami seluruh mahasiswa karena mata kuliah gambar teknik ini memiliki prektek menggambar. Hal ini menyebabkan mahasiswa sulit untuk memahami materi dan pembelajaran yang dapat mengakibatkan hasil belajar tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar mahasiswa angkatan 2020 Prodi Teknik Sipil mata kuliah Gambar Teknik
Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan data pada variabel sistem pembelajaran daring diperoleh dari angket melalui google from, sedangkan variabel hasil belajar mata kuliah Gambar Teknik diperoleh dari ujian akhir semester ganjil 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis secara parsial.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kategori variabel sistem pembelajaran Daring pada mata kuliah gambar teknik di Program Studi Teknik Sipil angkatan 2020 Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, tercatat ke dalam kategori "Sedang" dengan frekuensi 27 dan Presentase 36%, sedangkan kategori variabel hasil belajar pada mata kuliah gambar teknik di Program Studi Teknik Sipil angkatan 2020, tercatat ke dalam kategori "Sangat Tinggi"� dengan frekuensi 49 dan presentase 65%, kemudian membuktikan bahwa sistem pembelajaran Daring tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Sipil angkatan 2020, nilai uji t hitung sebesar 1,366 dan nilai t tabel 1,668 dengan signifikan sebesar 0,176 yang dapat diartikan t hitung 1,366 < t tabel 1,668 dan signifikan 0,176 > 0,05.
Kata kunci: Daring, Hasil Belajar, Gambar Teknik
Download berkas