Penulis / NIM
DEYA ARZUNINGSIH TAHA / 531408020
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
AGUS LAHINTA, ST., M.Kom. / 0017087402
Pembimbing 2 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Abstrak
Pemasaran merupakan salah satu bidang yang sangat memerlukan bantuan teknologi. Internet merupakan salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut dimana website dapat membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar, karena dengan website, konsumen dapat berhubungan langsung dengan penjual tanpa perbedaan jarak dan waktu. Tingkat usability yang tinggi pada website merupakan hal yang harus dipenuhi agar website tersebut mencapai tujuan awal pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan usability sistem pemasaran online dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD). Penerapan metode UCD dilakukan dengan melaksanakan kuisioner, focus group, interview, task modeling dan prototyping yang juga dipadukan dengan pengukuran tingkat usability yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Data awal dan data akhir diperoleh dengan interview dan dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan dan pihak perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website pemasaran onlinedilihat dari matriks performasi yaitu dapat dikatakan telah efektif dan efisien, dan untuk hasil matriks performasi sebesar 86.41% atau dengan nilai 674. Jika diterapkan range antara 156-780 (tidak baik – sangat baik), maka website ini berada pada kategori baik. Dengan demikian penerapan metode UCD dapat meningkatkan usability sistem pemasaran online.
Kata Kunci : Sistem Pemasaran Online, User Centered Design (UCD), Usability, focus group, interview, task modeling, prototyping.
Download berkas