Penulis / NIM
DWI PRATIKA SULEMAN / 531409066
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
AGUS LAHINTA, ST., M.Kom. / 0017087402
Pembimbing 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstrak
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi Mobile Learning pada platform Android yang memiliki fitur inti dalam menunjang pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode Research and Development yang memiliki 7 tahapan antara lain: 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Pembuatan Produk; 5) Uji Coba Produk; 6) Uji Coba Lapangan; 7) Penyusunan Laporan. Dalam tahapan uji coba lapangan, peneletian ini menggunakan Metode Eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Mobile Learning. Aplikasi Mobile Learning menggunakan konsep client-server, dimana Mobile Learning sebagai client yang tertanam pada smartphone Android menggunakan API (Application Programming Interface) untuk dapat berkomunikasi atau mengakses data dari server. Hasil dari penelitian ini yaitu Aplikasi Mobile Learning dapat berjalan dengan baik dan memperoleh penilaian sangat baik dari siswa dengan hasil presentase sebesar 78,76%. Hasil uji hipotesis menunjukan thitung = 7,098 > ttabel = 2,034, serta nilai sig.= 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi Mobile Learning.
Kata Kunci: Mobile Learning, Android, Client-Server, Motivasi Belajar
Download berkas