Penulis / NIM
NURULHUDA S. KARIEM / 531409076
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MOHAMMAD HIDAYAT KONIYO, ST., M.Kom. / 0016047303
Pembimbing 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstrak
Analisis butir soal sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. selain itu, butir soal yang diujikan merupakan perangkat utama dalam sistem penilaian dari setiap mata kuliah yang telah diselesaikan melalui proses belajar mengajar sehingga sangat penting bagi seorang pendidik untuk melakukan analisis dari setiap butir soal yang diberikan untuk membantu meningkatkan kualitas penilaian (test) yang digunakan, melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif. Sebagian besar pendidik, tidak terkecuali dilingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, belum melakukan kegiatan analisis butir soal setiap selesai melakukan penilaian dari mata kuliah. Untuk itu melalui penelitian ini, dibuatlah sebuah aplikasi yang dapat membantu pendidik (dosen) agar dapat melakukan kegiatan analisis butir soal dari setiap mata kuliah dengan mempertimbangkan nilai yang telah dicapai oleh mahasiswa. teknik analisis yang dilakukan adalah berdasarkan 2 kategori yakni tingka tkesukaran dan daya pembeda yang diterapkan pada soal bentuk uraian dan soal bentuk objektif. aplikasi yang dirancang serta keragaman hasil analisis butir soal, baik berdasarkan tingkat kesukaran dan daya pembeda maupun bentuk soal (uraian dan objektif) menunjukkan bahwa metode yang digunakan untuk menganilis butir soal dapat bekerja secara efektif, dan direkomendasikan untuk digunakan oleh pihak yang berwenang sebagai metode evaluasi pembuatan soal yang bisa mengetahui tingkat kesukaran dan daya pembeda dari setiap butir soal yang dibuat.
Download berkas