SKRIPSI

Penulis / NIM
WAHYUDIN ILIMULLAH / 531410114
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstrak
Kantor Samsat Kota Gorontalo merupakan perusahaan yang melayani masyarakat dalam hal penertiban surat tanda kendaraan bermotor (STNK), pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB), dan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ). Kurangnya informasi mengenai persyaratan pembayaran pajak kendaraan, biaya pajak kendaraan, dan informasi mengenai tanggal jatuh tempo pajak kendaraan kepada pelanggan merupakan masalah utama yang sering dihadapi oleh Kantor Samsat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian yaitu menerapkan Customer Relationship Management (CRM) pada Kantor Samsat Kota Gorontalo untuk peningkatan pelayanan. Metode yang digunakan yaitu Framework of Dynamic CRM. Melalui Framework of Dynamic CRM akan ditentukan fitur-fitur CRM yang akan diterapkan pada sistem informasi. Metode penelitian menggunakan metode Research And Development. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu pelanggan dalam menerima informasi berupa pemberitahuan jatuh tempo pajak kenderaan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011