Penulis / NIM
ULFA RAHMAN / 531411002
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
TAJUDDIN ABDILLAH, S.Kom., M.Cs / 0008127805
Pembimbing 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstrak
Penerapan teori antrian untuk penyajian informasi manajemen pengukuran jumlah layanan optimum (teller) sehingga dari hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu untuk membuat keputusan terkait penambahan atau pengurangan fasilitas layanan (teller). Menggunakan ilmu sains teori antrian yang dapat membantu pihak bank dalam masalah pengadaan fasilitas layanan dan jumlah pelayanan yang lebih optimum dari sebelumnya. Hasil simpulan jumlah layanan optimum menunjukan bahwa antrian pada bank XYZ, jumlah teller sebanyak 3teller layak dalam proses antrian yang terjadi pada pihak Bank unit XYZ karena jumlah tersebut sudah sesuai dengan pertimbangan dari hasil pengukuran analisis formula yaitu nilai L (panjang antrian dalam sistem) dan pengujian jumlah layanan optimum yaitu nilai C1 (biaya pengadaan fasilitas per unit waktu menunggu) dengan C2 (biaya per unit waktu menunggu per pelanggan) pada model keputusan antrian harus ada penambahan 1 unit teller dari yang sebelumnya sebanyak 2 unit teller. Penambahan fasilitas 1 unit teller dikalikan dengan total biaya pengadaan yang hasilnya akan di informasikan oleh KA Unit ke bagian logistik Bank unit XYZ sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut terkait masalah manajemen pengadaan fasilitas layanan.
Kata Kunci : Jumlah Layanan Optimum, Antrian, Informasi Manajemen.
Download berkas