SKRIPSI

Penulis / NIM
NUZRAN FIRMANSYAH BOUTI / 531412016
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Pembimbing 2 / NIDN
ROVIANA H DAI, S.Kom, MT / 0030018301
Abstrak
Nuzran Firmansyah Bouti : Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat Di Ombudsman RI Perwakilan Gorontalo Melalui e-Report. Pembimbing 1 & Pembimbing 2 (Lillyan Hadjaratie, S.Kom., M.Si & Roviana H. Dai, S.Kom., MT) Ombudsman RI merupakan lembaga negara yang bertugas menerima laporan dugaan maladministrasi. Ombudsman RI perwakilan provinsi Gorontalo menerima jumlah laporan yang cukup signifikan setiap tahunnya yaitu 122 laporan ditahun 2014, 138 laporan ditahun 2015 dan 146 laporan sepanjang tahun 2016. Tingginya beban penyelesaian laporan setiap Asisten mengakibatkan laporan-laporan jadi tidak tertanggulangi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengusulkan sebuah sistem yang dapat menjadi early warning system, reminder/pengingat sekaligus membantu dalam monitoring laporan baik oleh internal Ombudsman maupun masyarakat sebagai Pelapor. Sistem yang akan dibuat menggunakan fitur sms gateway dan sistem berbasiskan web. Hasil dari penelitian ini yaitu dibuatkannya aplikasi e-report yang bisa membantu Pimpinan dan Asisten dalam penanganan laporan pengaduan masyarakat setiap harinya. Kata Kunci : Ombudsman RI Provinsi Gorontalo, e-Report, Laporan Pengaduan Maladministrasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011