Penulis / NIM
NOPRIANTI N. HUSAIN / 531412060
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Pembimbing 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstrak
INTISARI
Noprianti N.Husain. Peningkatan Layanan Jasa Jahit melalui Pengembangan Aplikasi E-Tailor (Studi Kasus: Kota Gorontalo) (dibimbing oleh Lillyan Hadjaratie, S. Kom, M. Si dan Rampi Yusuf, S.Kom.,MT).
Masyarakat Gorontalo membutuhkan waktu dan biaya yang banyak untuk pencarian lokasi penjahit dan manajemen waktu penjahit mengenai ketepatan waktu pengambilan barang pesanan oleh pelanggan. Selain masalah jahit, ketidaktahuan masyarakat mengenai ukuran kain yang akan dijahit juga seringkali membuat masyarakat bingung untuk membeli kebutuhan kain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-tailor yang dapat membantu meningkatkan pelayanan jasa jahit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototype. Metode ini memiliki 4 tahapan yaitu komunikasi peneliti terkait kebutuhan pelanggan dengan melakukan wawancara, pembagian kuisioner dan strudi literatur, perencanaan dan pemodelan dilakukan dengan membuat rancangan sistem berupa external entity,diagram konteks dan DFD,pemodelan menggunakan rancangan struktur tabel dan hubungan antar tabel dan desain antarmuka,konstruksi dengan menampilkan hasil pembuatan aplikasi,dan pengembangan dan umpan balik dengan pengujian blackbox. Hasil dari penelitian ini dapat membantu meningkatkan layanan jasa jahit dimana pelanggan yang kesulitan mencari lokasi penjahit, dengan adanya aplikasi ini dapat mencari lokasi penjahit sehingga meminimalisir waktu dan biaya untuk pencarian lokasi penjahit. Kemudian dengan adanya aplikasi ini pelanggan dapat dengan mudah mengetahui waktu pengerjaan pesanan, waktu saat fitting dan waktu pesanan akan dikirim dari penjahit ke pelanggan. Selain itu, dengan adanya aplikasi ini dapat membantu peningkatan layanan penjualan kain dengan adanya informasi mengenai ketersediaan stok kain kepada pelanggan.
Kata kunci:Aplikasi E-Tailor,Peningkatan Layanan Jasa Jahit,Peningkatan Layanan Penjualan Kain, Prototype
ABSTRACT
Noprianti N.Husain. Improvement of Tailor Service through Development of E-Tailor Application (Case Study in Gorontalo City), (The principal supervisor is Lillyan Hadjaratie, S.Kom, M.Si, and the co-supervisor is Rampi Yusuf, S.Kom.,MT)
Currently, Gorontalo people take time and expensive cost to find tailor location. Also, the time management of tailor regarding punctuality of taking ordered goods by the customer becomes the concern as well. Likewise, the people do not know the size of fabric to be used. Thus, it confuses them in buying exact need. The research aimed to develop e-tailor that could improve the service of a tailor. It applied prototype method and comprised 4 stages namely communication of researcher related to customers' need by doing observation, questionnaire distribution and literature study, planning and modeling were done by designing an external entity system, context diagram and DFD, modeling by using table structure design and relation among tables and interface design, construction by displaying result of application creation, and development and feedback by black-box testing. The research finding was proven to able to assist improving tailor service including solving customers' difficulty in finding the location. Thus, they could minimize time and cost. In addition, the application could help customers to easily know the working time of the order, fitting time and when the order is delivered to the customers. Additionally, it helped to increase fabric sale as it provided fabric stock for the customers.
Keywords: E-Tailor, Improvement of Tailor Service, Improvement of Fabric Sale Service, Prototype
Download berkas