Penulis / NIM
REZA EKO PRASETYO MUSTAKI / 531412078
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
TAJUDDIN ABDILLAH, S.Kom., M.Cs / 0008127805
Pembimbing 2 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Abstrak
Pemerintah daerah memiliki tanggung jawab akan daerahnya terutama terhadap pelayanan wajib yang menjadi tugas inti dari pemerintah daerah, seringkali masyarakat yang mengalami permasalahan di daerahnya terkait pelayanan wajib mengalami masalah pada saat pengaduan. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan masyarakat dan seringkali permasalahan yang ada hanya menjadi perbincangan di media-media social, akibatnya pemerintah daerah yang menjadi penanggung jawab atas pelayanan wajib tidak mengetahui permasahan yang ada. Proses pengaduan masyarakat kepada pemerintah daerah ini menjadi sangat penting karena akan memberikan efek positif kepada daerahnya. Adapun SKPD yang menjadi bagian dari pelayanan wajib ini yaitu Pendidikan, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat, serta Sosial . Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah sistem portal informasi pengaduan terhadap pelayanan wajib SKPD oleh masyarakat yang memfasilitasi masyarakat untuk mengadukan setiap permasalahan yang didaerahnya kepada pemerintah daerah, selain itu sistem ini mempunyai fitur informasi dan chatting yang memungkinkan sistem ini dapat lebh menunjang kinerja dari SKPD. Metode yang digunakan adalah metode prototype. Hasil penelitian menunjukan, system yang dibuat dapat memfasilitasi masyarakat untuk mengadukan permasalahan-permasalahan yang ada didaerahnya.
Kata kunci : Pengaduan, Pelayanan Wajib, Pemerintah daerah, Kabupaten Gorontalo
Download berkas