Penulis / NIM
NOFRIYENI BENTU / 531414086
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstrak
Permasalahan yang muncul adalah Pengelolaan pelayanan pada umumnya dilakukan secara manual atau pencatatan dengan tulis tangan. Salah satunya layanan pembukaan rekening baru membutuhkan waktu standar 25 menit, akan tetapi implementasinya dilapangan bisa membutuhkan waktu 1 jam untuk setiap nasabah. Hal ini terjadi karena beberapa tahapan dalam proses tersebut dilakukan dengan tenaga manusia seperti: pengisian formulir dan pemberian penjelasan oleh Customer Service (CS) kepada nasabah. Begitu juga dengan proses komplain nasabah saat menggunakan ATM yang alurnya sangat panjang pada setiap penanganan karena hampir seluruhnya berupa proses manual dengan tenaga manusia seperti nasabah harus ke kantor BNI terdekat, melakukan antrian, CS membuat laporan komplain, kemudian CS mengirimkan ke petugas pengendali ATM di unit tersebut, dan seterusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada nasabah pada unit customer service BNI KCP SUDIRMAN Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukakan bahwa dengan adanya sistem ini waktu proses pembukaan rekening menjadi lebih cepat, karena nasabah tidak perlu mengisi formulir pembukaan rekening. Selain itu, CS tidak perlu lagi menjelaskan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, karena nasabah telah membaca dengan jelas di sistem yang telah di buat.
Download berkas