Penulis / NIM
NIRWANA ADAM / 531415003
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Pembimbing 2 / NIDN
MOH. RAMDHAN ARIF KALUKU, S.Kom, M.Kom / 0007048902
Abstrak
ABSTRAK
Nirwana Adam, Evaluasi Implementasi Pembelajaran Daring dengan Sistem Classroom Menggunakan Model Human Organization Technology (HOT-Fit) di SMK Gotong Royong. ((Dibimbing Oleh Lanto Ningrayati Amali, Ph.D dan Moh. Ramdhan Arif Kaluku, S.Kom,M.Kom).
Classroom menjadi jembatan para guru dalam membuat tugas, membagikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Classroom dapat merampingkan proses belajar mengajar antara guru dan murid melalui internet. Oleh karena itu, sebagai sebuah sistem yang sering di gunakan dalam pembelajaran online layaknya harus dievaluasi dari berbagai aspek salah satunya yakni aspek keberhasilan penerapannya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana mengevaluasi implementasi pembelajaran daring di sekolah SMK Gotong Royong sebagai media perbelajaran daring menggunakan metode HOT Fit berdasarkan persepsi guru. HOT Fit digunakan karena model ini memiliki aspek penilaian yang lengkap dengan tiga bagian penting yakni manusia, organisasi dan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring dengan system Classroom menggunakan Human Organization Technology (HOT) Fit model di SMK Gotong Royong. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil dari kedelapan hipotesis yang diajukan, ada lima yang berhasil didukung secara signifikan, yaitu hipotesis tiga (kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna), hipotesis empat (kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna), hipotesis lima (struktur terhadap kepuasan pengguna), hipotesis enam (kepuasan pengguna terhadap pengguna sistem), hipotesis tujuh (kepuasan pengguna terhadap manfaat). Untuk tiga hipotesis yang tidak berhasil di dukung, yaitu hipotesis satu (kualitas sistem terhadap pengguna sistem), hipotesis dua (kualitas informasi terhadap pengguna sistem), dan hipotesis delapan (lingkungan terhadap manfaat).
Kata kunci : Classroom, HOT-Fit, Kuantitatif
Download berkas