SKRIPSI

Penulis / NIM
RISKIANI ADE PUTRI TEHUSULA / 531415062
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Pembimbing 2 / NIDN
SALAHUDIN OLII, ST,.MT / 0031108103
Abstrak
Abstract The library in the postgraduate program of Universitas Negeri Gorontalo (UNG) is the main library where all the postgraduate students of UNG get information from. The service included borrowing and returning books and fines for late return using control card without any computer back up. This made the process of borroeing, returning, and fining slow because it takes time to find the card one by one from the filing cabinet, not to mention the card being scattered, damaged, or lost due to negligence. The aim of this study is to build up a system to speed up, simplify, and streamline the time allocated to manage library transactions using QR code. The prototype will be made within the phases of communication, quick design, prototype making, prototype presentation, and evaluation and testing of the system. Keywords: Library; Prototype; QR Code Abstrak Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan salah satu unit kerja yang ada di UNG yang menjadi perpustakaan pusat bagi seluruh mahasiswa Pascasarjana UNG untuk mendapatkan dan memperoleh informasi yang mereka butuhkan. Pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo masih menggunakan pelayanan yang pada umumnya yaitu proses peminjaman, pengembalian buku, dan denda masih menggunakan kartu kontrol peminjaman dan datanya tidak di rekap lagi di komputer. Kemudian pada proses peminjaman, pengembalian buku ataupun denda menjadi sangat lambat karena harus mencari lembar kartu kontrol peminjaman satu per satu di lemari arsip, dan mengakibatkan kartu kontrol peminjaman bisa tercecer, rusak bahkan bisa sampai hilang akibat kelalaian dari petugas perpustakaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk membangun sebuah sistem yang dapat mempercepat, mempermudah dan mengefektifitaskan waktu dalam pengelolaan transaksi yang ada di perpustakaan dengan menggunakan sistem qr-code. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah prototype dengan tahapan komunikasi, perancangan cepat, pembangunan prototype, penunjukkan prototype dan evaluasi dan pengujian sistem. Kata Kunci: Kinerja; Penilaian Kinerja Guru; Waterfall
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011