Penulis / NIM
IFRIAND PANIPI / 531416098
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Pembimbing 2 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Abstrak
Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodik) merupakan sistem informasi pengolahan data pendidikan yang digunakan oleh setiap operator dan kepala sekolah di sekolah dasar negeri kabupaten gorontalo . Dalam penggunaan sistem informasi Dapodik ini masih ada pengguna yang belum mengetahui kemudahan dan manfaat yang ada pada sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh faktor kemudahan dan kemanfaatan terhadap penerimaan pengguna Sistem Informasi Dapodik dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan dua variabel utama, yaitu persepsi kemudahan (perceived ease of use) dan persepsi kemanfaatan (perceived usefulness).Teknik pengambilan sampel menggunakan simple purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 52 orang operator sekolah dan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian survey melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan Sistem Informasi Dapodik sebesar 74,6% dipengaruhi oleh faktor kemudahan sistem terhadap kebermanfaatan dalam menggunakan sistem informasi. Hal ini dapat membuktikan bahwa apabila nilai dari faktor kemudahan terhadap kemanfaatan meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap sistem informasi juga akan meningkat. Dengan demikian hipotesis pertama yang diajukan, yaitu kemudahan sistem informasi terhadap kebermanfaatan mempengaruhi penerimaan sistem informasi Dapodik, dimana operator sekolah mempunyai persepsi bahwa dengan menggunakan Aplikasi Dapodik dapat memudahkan operator sekolah dalam pelaporan data-data sekolah secara update dan memberikan manfaat yang menjadikan pekerjaan lebih mudah untuk dikerjakan.
Kata Kunci : Kemudahan,Kemanfaatan, Sistem Informasi Dapodik,TAM
Download berkas