Penulis / NIM
REVANS SYAHPUTRA LANTI / 531416099
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Pembimbing 2 / NIDN
RAHMAN TAKDIR, S.Kom., M.Cs / 0031037903
Abstrak
Dalam upaya mencapai effisiensi Kepuasan Pengunaan terhadap Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat merupakan hal yang cukup penting, apalagi berhubungan dengan kepuasan pengunaan, kelayakan tampilan website, kepuasan sistem informasi, dan lain-lain. Kegiatan pengaduan maupun keluhan dari masyarakat ini sudah difasilitasi oleh polda Gorontalo pada http://dumasitwasdapoldagorontalo.com/. Pada website ini masyarakat dapat melaporkan kejadian atau kejahatan secara online. Pazxda website ini masyarakat atau instasi dapat melaporkan kejadian atau kejahatan secara online. Website tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengadukan permasalahan kepada pihak Polri khususnya kepada Itwasda Polda Gorontalo. Namun sejak website ini berdiri, peminat masyarakat untuk menggunakan aplikasi ini masih kurang. Dimana masyarakat lebih memilih menggunakan layanan sms atau telepon dari pada menggunakan website tersebut. Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat ini juga digunakan sebagai sarana informasi. Review dari Pemanfaatan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat perlu dilakukan untuk mengukur dari tingkat kepuasan pengguna. Untuk mengukur tingkat kepuasan pemakai/pengguna sistem, peneliti menggunakan model EUCS Doll dan Torkzadeh'S (Doll dan Torkzadeh 1991) karena merupakan salah satu model yang paling terkenal dan sering diuji. kepuasan pengguna akhir sistem informasi dapat dijadikan sebagai salah satu ukuran keberhasilan suatu sistem informasi. Instrumen EUCS mencakup lima komponen: isi, keakuratan, format, kemudahan dalam penggunaan dan ketepatan waktu. Hasil dari penerapan metode EUCS dapat memberikan evaluasi terhadap polda Gorontalo untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan juga dapat memberikan rekomendasi untuk polda gorontalo kedepan sehingga memberikan manfaat yang optimal untuk masyarakat
Kata Kunci : Website, Kepuasan Pengguna, sistem Pengaduan masyarakat, EUCS
Download berkas