Penulis / NIM
SITI FAUZIAH MOHAMAD / 531417039
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Pembimbing 2 / NIDN
ALFIAN ZAKARIA, S.SI., M.T., MCE / 0020059003
Abstrak
Siti Fauziah Mohamad, Sistem Informasi Quick Response Dan Pengaduan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kota Utara. (Dibimbing Oleh Rampi Yusuf, S.Kom, MT dan Alfian Zakaria, S.SI., M.T).
Pengaduan masyarakat merupakan suatu bentuk partisipasi masyarakat untuk ikut berperan dalam membangun lingkungannya serta sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja instansi pemerintahan. Saat ini di Kantor Kecamatan Kota Utara belum memiliki layanan ataupun sistem pegaduan masyarakat. Maka perlu adanya suatu Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat untuk menyampaikan pengaduan masyarakat yang ditujukan khususnya untuk pemerintah Kecamatan Kota Utara dan aplikasi tersebut merespon cepat terhadap keluhan, saran, tempat penampung aspirasi, pertolongan pertama bagi masyarakat yang bersifat kemanusiaan dan darurat. Rancangan yang digunakan pada penelitian yaitu metode Prototype. Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Quick Response Dan Pengaduan Masyarakat untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan yang dikhususkan untuk pemerintah Kecamatan Kota Utara serta dapat mempercepat waktu pengaduan tersebut secara real time karena menggunakan Firebase Cloud Messaging (FCM) untuk merespon cepat terhadap pengaduan masyarakat itu sendiri dapat dibaca oleh staff kelurahan dan di teruskan ke pimpinan kecamatan untuk di proses pengaduan tersebut.
Kata Kunci : Pengaduan, PWA, Prototype, Firebase Cloud Messaging (FCM)
Download berkas