Penulis / NIM
NUR AIN ISMAIL / 531417051
Program Studi
S1 - SISTEM INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Pembimbing 2 / NIDN
MOH. RAMDHAN ARIF KALUKU, S.Kom, M.Kom / 0007048902
Abstrak
INTISARI
Dapodik merupakan suatu sistem informasi yang dimanfaatkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam meningkatkan kinerja. Dapodik menghimpun data manajemen sekolah yang berupa data kelembagaan dan kurikulum sekolah, sarana prasarana, data siswa, data guru dan karyawan. Dalam penerapan Dalam penerapan Dapodik berdasarkan beberapa pernyataan pengguna menemukan sebuah persepsi adanya ketidaknyamanan dalam menggunakan Dapodik dalam menyelesaikan kerja dimana pengguna terkadang harus menginput data secara berulang karena data sebelumnya belum berhasil terinput. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat penerimaan pengguna terhadap Dapodik menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan beberapa variabel asli yaitu persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan persepsi minat pengguna serta menambahkan variabel eksternal yaitu pengalaman dan kerumitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis 1 pengalaman terhadap persepsi kegunaan berpengaruh signifikan, uji hipotesis 2 variabel kerumitan terhadap persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan, uji hipotesis 3 variabel persepsi kemudahan penggunaan terhadap kegunaan berpengaruh signifikan, uji hipotesis 4 variabel perspesi kemudahan penggunaan terhadap persepsi minat pengguna berpengaruh signifikan, dan uji hipotesis 5 variabel persepsi kegunaan terhadap persepsi minat pengguna berpengaruh signifikan dengan nilai tingkat pencapaian responden sebesar 80,9% berada pada kategori sangat diterima.
Download berkas