Penulis / NIM
ALAN PASILIA / 532413006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
TAJUDDIN ABDILLAH, S.Kom., M.Cs / 0008127805
Pembimbing 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstrak
INTISARI
ALAN PASILIA. Pembuatan Game Edukatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengenalan Hardware Komputer (Dibimbing oleh pembimbing 1 Tajuddin Abdillah, S.Kom., M.Cs dan Pembimbing 2 Rampi Yusuf, S.Kom., MT)
Hasil belajar siswa di SMP N WIDYAKRAMA Kab.Gorontalo masih sangat rendah karena tidak semua siswa memiliki kemampuan untuk aktif dalam pembelajaran, ditambah faktor lain yaitu kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran yang disampaikan guru kurang baik dan media pembelajaran berbasis IT sebagai alat bantu pembelajaran belum dimanfaatkan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah game edukatif pengenalan hardware komputer yang dapat meningkatkan pemahaman siswa, sehingga berdampak baik pada hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dan dalam pembuatan game, peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukatif pengenalan hardware komputer dapat meningkatkan pemahaman siswa dan berdampak baik pada hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan eksperimen one group pretest posttest design dimana hasil pengujian posttest sebesar 70.96 lebih besar dari hasil pengujian pretest yaitu 51.27. Melalui media pembelajaran game edukatif pengenalan hardware komputer, materi pembelajaran disajikan dengan cara yang lebih menarik, siswa dapat belajar dengan rileks dan suasana pembelajaran akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yang monoton.
Kata Kunci : Game edukatif, Pemahaman siswa, Hasil belajar.
Download berkas