SKRIPSI

Penulis / NIM
AHMAD AMIRUDDIN RAHIM / 532413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Pembimbing 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstrak
AHMAD AMIRUDDIN RAHIM. Media Pembelajaran Interaktif Dengan Model Pendekatan ADDIE Pada Mata Pelajaran Peripheral Komputer (dibimbing oleh Lanto Ningrayati Amali, Ph.D dan Rampi Yusuf , S.Kom, M.T). Proses pembelajaran di tuntut selalu menyesuaikan dengan dinamika masyarakat, karena pembelajaran yang statis dan kovesional cenderung membuat siswa bosan dan tidak memiliki motivasi untuk belajar. Dukungan pembelajaran yang interaktif terhadap proses pembelajaran saat ini sudah banyak diakui keunggulanya. Melalui aplikasi system interaktif, bahan ajar dapat disajikan lebih menarik dan interaktif sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Adapun permasalahan yang terjadi adalah: (1) Siswa kurang memahami materi yang di ajarkan oleh guru dan, (2) cara guru mengajar dan menyampaikan materi kurang menarik minat siswa untuk belajar. (3) Siswa yang terkesan hanya bermain di saat pembelajaran berlangsung. Selanjutnya jika dilihat dari cara guru mengajar dan memberikan materi, (1) Guru jarang memakai media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang di ajarkan, sehingga siswa sulit untuk menerima dan memahami materi yang di ajarkan, (2) Kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media alat peraga pembelajaran untuk menghidupkan suasana pembelajaran yang ada di dalam kelas dan (3)Kurangnya fasilitas media pembelajaran yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data adalah observasi dan kuisioner. Hasil Penelitian adalah sebuah perancangan media pembelajaran interaktif yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil posttest sebesar 82,80 lebih besar dari hasil preetest sebesar 66,00 dengan adanya kedua nilai ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif kepada siswa berpengaruh positif untuk kemampuan dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Interaktif dengan pendekatan Model ADDIE.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011