Penulis / NIM
NOLDI M. HARUN / 532413009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
TAJUDDIN ABDILLAH, S.Kom., M.Cs / 0008127805
Pembimbing 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstrak
INTISARI
Proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Pulubala masih terkesan kurang menarik, karena pembelajaran masih menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kebanyakan tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dibuktikan pada hasil evaluasi belajar harian siswa dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa hanya 30,4. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran interaktif berbasis animasi yang komunikatif dan interaktif dengan pembangunan metode ADDIE dan mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode model ADDIE. Adapun tahapan model ADDIE, (1) Analysis, untuk mengetahui kebutuhan awal dalam pembuatan media. (2) Design, pembuatan desain navigasi dan storyboard. (3) Development, pembuatan produk berdasarkan desain navigasi dan storyboard. (4) Implementation, pengujian produk oleh ahli media dan ahli materi. (5) Evaluation, menganalisa nilai hasil pretest dan posttest dari tes yang telah diberikan kepada siswa. Dengan perhitungan presentase hasil belajar siswa, dimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan media sebesar 16% dengan kategori sangat rendah, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media sebesar 48% dengan kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan antara hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
KATA KUNCI : Media Pembelajaran Interaktif, Media Pembelajaran Animasi, Hasil Belajar.
Download berkas