Penulis / NIM
ABD. FATAH Z. UKO / 532413010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
INTISARI
Abd. Fatah Z. Uko. NIM 532413010. Pengembangan Media Pambelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMP Negeri 1 Tapa.Jurusan Teknik Informatika, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitasi Negeri Gorontalo (dibimbing oleh Lillyan Hadjaratie, S.Kom., M.Si dan Rochmat Mohammad Thohir Yassin S.Kom., M.Eng).
Peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran untuk mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi yang menarik dan mempermudah siswa untuk memahami mata pelajaran tersebut sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah merancang media pembelajaran untuk mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi kelas IX di SMP Negeri 1 Tapa. Model penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D). Metode pengembangan ini merupakan metode yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji kelayakan produk. Menurut Borg and Gall dalam sugiyono (2013). Uji validitas kelayakan oleh ke dua orang validator (judgment expert) yang terdiri dari validator materi dan validator media.Untuk mengumpulkan data validator materi dan validator media peneliti menggunakan angket uji kelayakan media. Hasil penelitian menunjukan: (1) Hasil validasi dari validator media memperoleh skor total 14 (layak), (2) Hasil validasi dari validator materi mendapatkan skor total 8 (layak). Setelah melalui berbagai macam validasi kemudian diujicobakan kepada pengguna. Hasil uji coba: (a) uji coba terbatas dilakukan pada 5 orang siswa memperoleh skor 180 (90,00%), (b) penerapan media video pada keseluruhan siswa sebanyak 9 orang mendapatkan skor total 960 (88,89%). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba media pembelajran layak digunakan dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Kata Kunci: media pembelajaran Teknologi informasi dan komunikasi, IX TIK, pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi.
ABSTRACT
Abd. Fatah Z. Uko. Student ID Number 532413010. The Development Of Learning Media to Increase Student' Participation and Learning Outcomes in Information and Communication Technology Subject at SMP Negeri 1 Tapa. Departement of Informatics Engineering, Study Program of Information Technology Education, Faculty of Engineering, State University of Gorontalo. (The pricipal supervisor is Lillyan Hadjaratie, S.Kom., and the co-supervisor is Rochmat Mohammad Thohir Yassin, S.Kom., M.Eng)
The research is intended to develop an interisting learning media fo Information and Communication Technology (ICT) subject. which facilitates student to understand the subject that eventually increases students' learning outcomes. The research objective is to design a learning media for ICT subject in class IX of SMP Negeri 1 Tapa. It is a research and development (R & D) model applied to create a product and to tes its eligibility. It is according to Borg and Gall in Sugiyono (2013). The Validity test for media is conducted by two judgement experts in the field of topic and media. The data from both experts are collected by employing media eligibility test questionnaire. The research findings indicate that: (1) the validation from media experts achieves a total score of 14 (eligible), and (2) the validation from topic expert achieves a total score of 8 (eligible). After the applications of validations, the media tis tested to the user. The results of test are: (a) the limited testing conducted in 5 students obtains a score of 180 (90,00%), and (b) the implementation of media in the entire students or 9 students obtains a total score of 960 (88,89%). In reference to the result of validation and test, the learning media is eligible to be applied in ICT learning.
Keywords: ICT learning media, IX TIK, ICT learning
Download berkas