SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMDHAN MALA / 532413011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAT MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKJ B pada mata pelajaran Jaringan Dasar sebelum dan setelah diterapkan simulator jaringan komputer dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis web di SMK Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam hal pengolahan dan pengambilan data serta untuk pengembangan sistem menggunakan metode waterfall oleh Winston Royce 1970. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan TKJ SMK N 1 Suwawa dan diambil siswa kelas X TKJ A dan X TKJ B SMK Negeri 1 Suwawa sebagai sampel. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan uji tanda (wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan rata - rata skor hasil belajar siswa sesudah diterapkan Simulator Jaringan Komputer dengan Model Pembelajaran TGT dan Model Pembelajaran TGT Berbasis web yaitu 82 lebih tinggi daripada sebelum diterapkan Simulator Jaringan Komputer dengan Model Pembelajaran TGT dan Model Pembelajaran TGT yaitu 72 selisih nilai adalah sebesar 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan adanya peningkatan sebelum dan sesudah diterapkan Simulator Jaringan Komputer dengan Model Pembelajaran TGT dan Model Pembelajaran TGT Berbasis web pada siswa kelas X TKJ B SMKN 1 Suwawa hasil belajar mata pelajaran jaringan dasar. Kata Kunci : Model Kooperatif, TGT, TGT Sistem ABSTRACT This study aims to determine the differences and increase student learning outcomes of class X TKJ B on Basic Network subjects before and after implemented computer network simulator with learning model of Team Games Tournament (TGT) web based at SMK Negeri 1 Suwawa. This research is using quantitative method in terms of processing and data retrieval as well as for system development using waterfall method by Winston Royce 1970. The population in this study is the students of class X Department of TKJ SMK N 1 Suwawa and taken students of class X TKJ B SMK Negeri Suwawa as a sample. Data analysis used to test the hypothesis is Normality Test, Homogeneity Test, and sign test (wilcoxon). The results showed the average score of student learning outcomes after applied Computer Network Simulator with TGT Learning Model and TGT Learning Model Web based that is 82 higher than before applied Computer Network Simulator with TGT Learning Model and TGT Learning Model that is 72 value difference is 10 The results of this study indicate that there is a difference with the increase before and after applied Computer Network Simulator with TGT Learning Model and TGT Learning Model Web-based on students of class X TKJ B SMKN 1 Suwawa learning outcomes of basic network subjects. Keywords : Cooperative Model, TGT, TGT System
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011