Penulis / NIM
LILI NUR INDA SARI DJAMALU / 532413025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
EDI SETIAWAN, M.Kom / 0015057903
Pembimbing 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektifitas dari penerapan media pembelajaran Computer Assisted Instruction model Games pembelajaran Teknik Animasi 2 dimensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling. Pengolahan data dilakukan dengan cara wawancara, tes dan angket. Data yang telah diperoleh melalui test kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Sedangkan analisi inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Kemudian angket dianalisis menggunakan skala likert. Analisi deskriptif dilakukan melalui aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data hasil belajar siswa yang dianalisis melalui table dengan mempresentasikan rata-rata. Hasil penelitian Pembelajaran mengunakan metode Computer Assisted Instruction model games dapat lebih efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban penilaian angket diperoleh presentase motivasi belajar siswa sebesar 83,67 % yang dikategorikan sangat baik Hasil belajar siswa di SMKN 1 Limboto pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi pada kelas eksperiman ( Menggunakan Media ) memiliki nilai yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar Sedangkan hasil belajar pada kelas control ( tanpa menggunakan media ) Sebesar = 39,13%. Yang dikategorikan rendah. Jadi pembelajaran menggunakan Media pembelajaran dengan Metode CAI model Games pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi berpengaruh positif pada pembelajaran siswa sehingga menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dengan melihat motivasi siswa dan hasil belajar siswa yang meningkat.
Kata Kunci : Computer Assisted Instructiom,Teknik Animasi 2 Dimensi
Download berkas