SKRIPSI

Penulis / NIM
DINI LESTARI / 532413049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
DIAN NOVIAN, S.Kom., MT / 0024117503
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAT MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
Metode pembelajaran konvensional mengakibatkan siswa merasa bosan, ngantuk dan jenuh pada saat proses pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini membuat media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran jaringan dasar menggunakan tools multimedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R & D). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket, dan tes. Data yang telah diperoleh melalui test kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data hasil belajar siswa yang dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Kemudian angket dianalisis menggunakan skala likert. Angket yang diberikan kepada guru sebagai ahli media sekaligus ahli materi mendapatkan presentase sebesar 80% sedangkan angket yang diberikan pada kelas ekperimen (prorses pembelajaran yang diberi perlakuan media pembelajaran) memperoleh presentase sebesar 79,09%. Dan angket yang diberikan pada kelas kontrol (prorses pembelajaran konvensional) memperoleh presentase sebesar 52,00%. Kemudian hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mendapat presentase sebesar 47,92% sedangakan yang tidak menggunakan alat bantu media pembelajaran mendapatkan presentase sebesar 39,99%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan alat bantu media pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan alat bantu media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Jaringan Dasar, dan Motivasi belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011