SKRIPSI

Penulis / NIM
ULFA RAHMATIN / 532414001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD RIFAI KATILI, Ph.D / 0026056602
Abstrak
Fakta di SMK Negeri 1 Suwawa bahwa dalam proses pembelajaran khususnya materi Logika dan Algoritma Komputer guru masih menggunakan buku teks atau modul dengan ciri khas berisi narasi yang panjang dan membosankan. Hal tersebut berdampak pada tingkat ketertarikan peserta didik dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada guru yang mengajar materi tersebut menyatakan bahwa dalam proses pembelajaran siswa sering tidak mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, sebagian siswa memilih keluar kelas dan tidak kembali lagi ke dalam kelas sampai jam pelajaran selesai. Dan dari hasil wawancara dengan siswa-siswa yang bersangkutan, diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru hanya terpaku pada buku teks dan kurang melibatkan siswa, sehingga siswa merasa bosan dan tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran. Sebagian siswa menganggap materi logika dan algoritma sulit untuk dipahami dan diterapkan sebab contoh-contoh kasus yang diberikah dalam buku teks jauh dari gambaran di dalam kehidupan nyata yang dekat dengan siswa. Pemahaman siswa yang rendah terhadap materi logika dan algoritma akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji pre test dengan menggunakan metode pembelajaran yang saat ini digunakan oleh guru dari sampel 10 siswa yang diuji 8 siswa nilainya tidak memenuhi KKM. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam bentuk komik dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk komik dengan hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi yang memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 91% dengan kategori ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."sangat layak����¯�¿�½���¯���¿���½������, penilaian oleh ahli media diperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 88% dengan kategori kelayakan ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."sangat layak����¯�¿�½���¯���¿���½������, serta penilaian respon peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran diperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 91% dengan kategori ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."sangat layak����¯�¿�½���¯���¿���½������. Dan dari hasil belajar nilai rata-rata post test lebih besar dan berbeda secara signifikan dengan nilai rata-rata pre test (84.00 > 62.00; dan t hitung 5.28 > t tabel 1.83). Maka media komik yang dikembangkan terbukti efektif berdasarkan pada pengujian terbatas terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dalam bentuk komik pada materi logika dan algoritma komputer layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan; Media Komik; Logika dan Algoritma Komputer
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011